Breaking News

DPRD Lampung Ingatkan Study Tour dan Perpisahan Harusnya Dilakukan Dilingkungan Sekolah

 



Baru baru ini ada kejadian kecelakaan siswa study tour sekolah yang menelan korban jiwa. Masalah tersebut, menjadi masukan bagi DPRD Lampung untuk dapat mengingatkan agar kegiatan tersebut dapat dilakukan dilingkungan sekolah.

"Ini menjadi pemikiran bagi kami sebaiknya kegiatan perpisahan sekolah dan study tour hanya boleh dilakukan di lingkungan sekolah," kata Deni Ribowo selaku anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung pada Rabu, 15 Mei 2024.

Hal tersebut mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang bisa merugikan dan mengancam keselamatan siswa saat melakukan kegiatan study tour atau field trip. "Seperti musibah yang dialami rombongan anak anak SMK Lingga kencana, bus yang ditumpangi mengalami kecelakaan di ciater subang jawa barat yang menewaskan 11 siswa dan guru. Tentu kejadian kejadian tersebut menjadi perhatian serius bagi kita terhadap anak anak kita," tutur dia.

Lanjutnya, Untuk itu semua unit unit sekolah swasta dan negeri di provinsi Lampung baik tingkatan dari TK hingga ke SMA SMK sebaiknya melakukan kegiatan tersebut dilakukan di lingkungan sekolah misal kegiatan perpisahan sekolah cukup dilakukan di sekolah lingkungan sekolah dan tak perlu di luar lingkungan sekolah.

"Kita mendorong dinas pendidikan provinsi Lampung dan dinas pendidikan se kabupaten kota yang ada di provinsi Lampung untuk mengeluarkan aturan yang melarang kegiatan perpisahan sekolah dan study tour diluar kota,  hanya boleh di dalam lingkungan sekolah saja," tutur dia.

Dia menambahkan, Hal-hal preventif ini dilakukan semata untuk kepentingan keselamatan pelajar dan gurunya. "Lalu soal perpisahan yang dilakukan di hotel hotel sebaiknya unit unit sekolahan melakukan perpisahan ya tetap di lingkungan sekolah. Selain akan memberikan kesan memori kenangan bagi anak anak kita juga tidak terkesan bermewah mewahan apalagi hedonis. Karena belum tentu semua siswa mampu untuk sumbangan kegiatan di hotel hotel tersebut," papar dia. (Ma/ik)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Info lampung, loker lampung, lowongan lampung, kuliner lampung