Breaking News

Jelang Lebaran, BPJN Lampung Himbau Pemudik Antisipasi Ada 32 Titik Rawan Kemacetan

 


Guna merespon lonjakan arus lalu lintas dalam antisipasi libur Lebaran 2024, BPJN Lampung semakin menampakkan geliatnya yang salah satu fokus utamanya yaitu kegiatan pemeliharaan rutin penutupan seluruh lubang di sepanjang ruas Jalan Nasional Provinsi Lampung.

Panjang Jalan Nasional di Provinsi Lampung yaitu 1.298,48 km dengan kemantapan jalan 93,90%. Untuk menjaga agar program zero pothole (nol lubang) tetap terpantau dengan baik, para pengawas jalan serta penyedia jasa selalu standby dalam memantau setiap kerusakan jalan yang terjadi. 

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Lampung Susan Novelia mengatakan Pada aksinya, kerusakan jalan dapat selesai ditangani kurang dari 24 jam atau paling lama ditangani H+3 setelah laporan masuk. Dalam mempersiapkan layanan infrastruktur, BPJN Lampung telah melaksanakan penutupan lubang di seluruh ruas jalan nasional Provinsi Lampung yang dimulai sejak awal Tahun Anggaran 2024 melalui 2 skema yaitu padat karya pemeliharaan rutin dan kontraktual.

"Per tanggal 31 Maret 2024 progres penanganan lubang di sepanjang ruas jalan nasional sudah mencapai 98% dan sebagai informasi tambahan bahwa per tanggal 02 April 2024 progres keuangan BPJN Lampung sudah 18,54% dan 7,15% untuk progres fisik," kata dia.

Untuk kelancaran dan kenyamanan pemudik pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 ini, BPJN Lampung membentuk tim piket kegiatan Jalur Lebaran 2024 serta menyiapkan setidaknya 11 posko lebaran yang melayani pemudik 24 jam lengkap dengan petugas dan tersebar di seluruh ruas jalan nasional di Provinsi Lampung mulai dari Lintas Tengah, Lintas Timur dan Lintas Barat Sumatera.

Posko lebaran ini sebagai tempat peristirahatan bagi para pemudik yang sedang dalam perjalanan. Fasilitas posko juga dilengkapi dengan tempat istirahat, toilet, musola lengkap dengan perlengkapan ibadah, P3K, sumber listrik, papan informasi ruas, aneka makanan dan minuman dan lain-lain. 

"Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan baru di badan jalan dan bencana rawan longsor, BPJN Lampung menyiapkan material dan DRU (Disaster Relief Unit) yaitu alat berat yang disiagakan pada setiap posko. Alat berat tersebut diantaranya excavator, dump truck, vibro roller, mobile crane dan motor grader. Selain itu pada kawasan longsor juga dilakukan pengamanan tambahan serta pemberian rambu peringatan," kata dia.

Agar mudik terasa lebih berarti, kami menghimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati hati saat mudik lebaran, perhatikan rambu-rambu lalu lintas, dan berhentilah di tempat yang aman bila mengantuk dan lelah. Diharapkan pada Libur Lebaran 2024 pengguna jalan dapat dengan aman dan nyaman melintasi jalan nasional tanpa ada gangguan terkait masalah jalan dan selamat sampai tujuan. (Tm/ik)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung