Breaking News

Mahasiswa KKN Unila Gelar Penyuluhan Stunting dan Kampanye Gerakan Aksi Gizi dari Hasil Ternak di Desa Aji Jaya Mesuji

Penyuluhan Stunting dan Kampanye Gerakan Aksi Gizi Dari Hasil Ternak oleh Mahasiswa KKN UNILA di Desa Aji Jaya (Mesuji) Bersama Klinik Pertanian Keliling, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.


Dengan adanya program pemerintah tentang stunting dan juga menjadi salah satu program kerja wajib yang harus dilaksanakan oleh Universitas Lampung, maka mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNILA yang bertepat di Desa Aji Jaya, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji. Berinisiatif mengundang 3 pemateri yaitu Bapak Sofyan Musyabiq Wijaya S.Gz., M.Gizi (Selaku Pendidik Jurusan Kedokteran UNILA), Bapak drh. Madi Hartono, M.P., dan Ibu Dian Septinova, S.Pt, M.T.A. (Selaku Dosen Jurusan Peternakan UNILA). 


Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 25 Januari 2024 di balai Desa Aji Jaya dan Juga di TK Kartini Aji Jaya, yang dihadiri sebanyak ±100 orang dewasa dan 80 Murid-murid TK. Adapun target sasaran kegiatan kali ini yaitu wali murid TK Kartini Aji Jaya, dan TK Cahaya Insan Mulia. Selain itu juga kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Aji Jaya beserta jajarannya, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala sekolah SDN 2 Simpang Pematang, Kepala Sekolah SMPN SATAP 2 Simpang Pematang, Kader Stunting, Kader Posyandu, serta masyarakat Desa Aji Jaya.


Pelaksanaan kegiatan ini dibagi di 2 tempat yaitu pada penyuluhan Stunting bertempat di Balai Desa Aji Jaya dengan Pemateri yang membahas mengenai masalah Stunting yang terjadi saat ini dan juga cara pencegahannya. Adapun pada kegiatan Kampanye Gerakan Aksi Gizi dari Hasil Ternak dilaksanakan di TK Kartini Aji Jaya yaitu dengan melakukan pembagian dari hasil ternak berupa susu dan juga telur, yang gunanya untuk dapat memenuhi nilai protein harian pada anak usia dini.


Ketua Pelaksana, Syifa Dwisya Putri dan Putri Rida Lestari berharap, setelah adanya Penyuluhan Stunting dan Kampanye Gerakan Aksi Gizi Dari Hasil Ternak ini semoga kedepannya para orang tua/wali murid memahami mengenai efek yang terjadi dari bahaya Stunting dan juga agar mengetahui tentang bagaimana cara pencegahan Stunting itu sendiri, yaitu dengan melakukan pemberian makanan yang bergizi seimbang contohnya yaitu makanan dari hasil ternak seperti Telur dan juga Susu untuk menjadi pemenuh nilai protein harian pada anak.


“Tentunya kegiatan ini sangat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada wali murid, dewan guru, serta masyarakat lainnya untuk bisa mengetahui tentang pentingnya makanan yang sehat, bergizi, dan juga baik untuk anak, agar dapat terhindar dari bahaya Stunting pada anak usia dini” ungkap mahasiswa Jurusan Peternakan UNILA.


Kepala Desa Aji Jaya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini semoga bermanfaat untuk para orang tua yang telah hadir dan mengikuti dalam acara kegiatan ini. (Red)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung