Breaking News

Peringati Hari Sumpah Pemuda di Bandar Lampung, KNPI: Pemuda Ayo Bangkit, Bangun Masa Depan!

 


Peringati hari sumpah pemuda yang jatuh 28 Oktober, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandar Lampung ajak pemuda/i untuk bersama bangkit bangun masa depan.


"Pemuda ayo bangkit, bangun masa depan mu, dan bangun kota, provinsi dan negara mu untuk menjadi lebih unggul dari pada daerah lain," kata Fitrah Abung Mukmin, selaku Plh Ketua DPD KNPI Kota Balam.


Dimomentum ini, Fitrah cerita tentang Hari Sumpah Pemuda. Hari besar tersebut peringati Kongres Pemuda Kedua yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 lalu. Artinya, setiap tahun adalah peringatan.


"Kongres Pemuda Kedua dan Sumpah Pemuda tidak muncul begitu saja. Karena ada sejarah panjang yang melatarbelakangi pergerakan para pemuda kala itu," kata dia.


Lanjutnya, Kongres Pemuda ini, momen penting dalam sejarah pergerakan nasional Indonesia. Pada kongres ini, keputusan utama diambil untuk mengakui satu kebangsaan dan tanah air, menghargai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, dan akui persatuan berdasarkan persamaan budaya, hukum adat, bahasa, dan sejarah.


"Keputusan itu, menguatkan kesadaran akan persatuan bangsa Indonesia. Meskipun Indonesia memiliki banyak suku bangsa dan bahasa yang berbeda. Tanggal kongres ini dianggap sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia. Tujuannya adalah mempersatukan seluruh bangsa Indonesia demi meraih kemerdekaan," papar dia.


Dirinya pun memberikan pesan kepada pemuda/i yang ada di Bandar Lampung, untuk dapat terus berikan kebermanfaatan kepada sesama, dengan caraa saling memberikan pertolongan baik itu, secara materil, maupun non materil.


"Kita ini, satu tanah air, dan apa yang bisa kita lakukan saat ini, seperti tolong menolong secara materil maupun non materil ya, lakukan semampu yang kalian bisa," ujar dia.


Sambungnya,"Hidup Pemuda!!,". (Pu/ik)


0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung