Breaking News

Mahasiswa KKN UNILA di Kotaagung Barat Gelar Penyuluhan Pertanian Penanganan Hama

 



Mahasiswa KKN UNILA Periode 1 Tahun 2023 yang ditempatkan di Pekon Payung Kotaagung Barat , Tanggamus menyelenggarakan  kegiatan Penyuluhan Pertanian yang bertema “Penyuluhan Pertanian Penanganan Hama Patek (Antranoksa) pada Tanaman Pepaya”. Dengan Pemateri.


Prof. Dr. Ir. Cipta Ginting, M.Ss.Prof. Dr. Ir. I Gede Swibawa, M.S.Prof. Dr. Ir. Hamim Sudarsono, M.Sc Ir. Rugayah, M.P. Ir. Yohanes Cahya Ginting, M.S.  Dr. Ir. Abdullah Aman Damai, M.Si Liska Mutiara Septiana, S.P., M.Si. 


Selaku Tim Klinik Pertanian Keliling (KPK) Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Tema ini diangkat dengan tujuan memberikan pengetahuan tentang tata cara pembasmian Hama Patek (Antranoksa) pada tanaman Pepaya.


Kegiatan Penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Senin, 06 Februari 2023 pukul 09.30 WIB yang diselenggarakan di Balai Pekon Pekon Payung, Kecamatan Kotaagung Barat, Kabupaten Tanggamus. Peserta yang berpartisipasi pada kegiatan ini, meliputi Ketua/Pengurus Gapoktan, Masyarakat Pekon Payung dan Masyarakat Pekon Pulau Benawang.


Penyuluhan ini membahas mengenai pertanian yang meliputi Potensi Bahan Organik, Nutrisi Organik, PHT Penyakit Pepaya, Contoh –contoh Hama Pepaya, Optimalisasi Budidaya Tanaman Pepaya.


Penyuluhan ini juga membahas mengenai pertanian organik yaitu salah satu alternatif pertanian modern dengan mengandalkan bahan alami dan menghindari bahan sintetik untuk mewujudkan tanaman Pepaya yang sehat dan unggul. Pertanian organik dapat didukung dengan penggunaan pupuk organik, seperti vermikompos.


Vermikompos yaitu kompos yang diperoleh dari hasil perombakan bahan-bahan organik oleh cacing tanah yang ramah lingkungan dan memiliki berbagai keunggulan, seperti mampu memperbaiki struktur tanah, menetralkan pH tanah, menjadi sumber nutrisi mikroba tanah yang membantu proses penghancuran limbah organik dan, menigkatkan kesuburan.


Dengan adanya kegiatan penyuluhan mengenai pertanian ini diharapkan dapat menjadi motifasi dan menambah semangat masyarakat pekon untuk kembali kepada menanam Pepaya setelah 2 tahun terakhir terhenti akibat hama Patek (Antranoksa) menyerang tanaman Pepaya.


Tim Klinik Pertanian Keliling (KPK) Fakultas Pertanian Universitas Lampung berharap Pekon Payung dapat kembali menanam dan mengembangkan pertanian tanaman Pepaya setelah 2 tahun terhenti. (cakWir)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung