Breaking News

Gemercik Hujan di Waktu Shubuh, Semoga Tanda Berkah Berlimpah

Ilustrasi - Via bincangsyariah.com
Gemercik Hujan di Waktu Shubuh, Semoga Tanda Berkah Berlimpah

Membuka mata di hari ini, terdengar gemercik hujan di waktu Shubuh, semoga ini merupakan salah satu pertanda berkah berlimpah.
.
.
Terkadang, turunnya hujan dirasa mengganggu aktivitas, hal itu pastinya pernah dirasakan diantara kita semua. Namun, jika dikaji mendalam, hujan turun pasti ada sebabnya. Padahal jika direnungkan, memahami hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, waktu hujan turun adalah saat mustajabnya do’a, artinya do’a semakin mudah terkabulkan.
.
.
Ibnu Qudamah dalam Al Mughni [Al Mughni, 2/294.]mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
.
اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ .
“Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.”[Dikeluarkan oleh Imam Syafi’i dalam Al Umm dan Al Baihaqi dalam Al Ma’rifah dari Makhul secara mursal. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shohihul Jaami’ no. 1026.].
.
.
Ketika hujan turun, hendaklah membaca do'a, memohon diturunkannya hujan yang bermanfaat. Yakni, sbb:
.
اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً
.
“Allahumma shoyyiban naafi’aa [Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat].”
.
.
Berdasarkan hadits dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,
.
إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ « اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
.
”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. [HR. Bukhari no. 1032, Ahmad no. 24190, dan An Nasai no. 1523.]
.
.
Semoga dengan turunnya hujan di hari ini, semakin membuat kita bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Aamiin. (contohceramah.com)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung