Breaking News

Niat Ganti Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Niat Ganti Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan Artinya
Tentang Islam, infokyai.com - Sebulan penuh melaksankan puasa di Bulan Ramadhan, namun saja terkadang ada namanya hari cuti bagi kaum hawa, dan dari hari cuti tersebut kaum hawa harus mengganti puasa ramadhannya, dan juga jika kaum adam, ada juga beberapa faktor yang menyebabkan ia batal puasa di bulan ramadhan, yaitu karena dalam perjalanan, dan karena ia bekerja keras, semuanya harus diganti, baik kaum adam dan hawa, hukumnya wajib mengganti puasa ramadhan. 

BACA JUGA : Membaca Al Qur'an Tapi Aurat Terbuka KLIK DISINI

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya 
"Berhutang kepada Allah lebih berhak untuk ditunaikan (HR. Muslim)".

Dari penggalan hadits tersebut, bahwa Puasa Ramadhan hukumnya wajib dilakukan, jika ia tidak melaksanakannya, wajib hukumnya membayarnya, karena puasa ramadhan adalah puasa yang wajib dilaksankan oleh setiap muslim yang sudah baligh dan berakal, namun jika pada saat bulan ramadhan, seorang muslim batal karena disebabkan, ia sakit, kerja keras, perjalan ataupun  karena ia sengaja membatalkan, maka hukumnya wajib untuk menggantinya, dan bagi yang sudah lanjut usia, hukumnya wajib membayar fidyah.

BACA JUGA Fidyah Bagi Yang Tidak Dapat Berpuasa : KLIK DISINI 

Oleh karena itu, bagi anda yang telah meninggalkan puasa ramadhan, dengan berbagai alasan, misalnya karena kelupaan, sakit, hamil atau udzur lainnya, namun dalam kondisi ini jika ia ingin mengqadha puasa ramadhan, ia tidak perlu membayar kuffarah, namun saja jika ia menunda puasa ramadhan yang tahun lalu belum ia bayar, dan masuk ke ramadhan berikutnya, maka ia wajib hukumnnya membayar kuffarah.

Berikut ini, lafadz niat qadha puasa ramahan, arab, latin dan artinya, yaitu : 
Niat Qadha/Membayar Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan artinya
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى
NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN QADAA'IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA'ALAA

Artinya :
Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta'ala

Diatas ini adalah niat Qadha Puasa Ramadhan, jika anda telah meninggalkan puasa di bulan ramadhan, dan anda ingin menggantinya, sebelum datangnya kembali puasa ramadhan. (segala sumber /tm/mp)

BACA JUGA : Kapan Hari Qadha Puasa Ramadhan ? KLIK DISINI




© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung