Breaking News

Menuju Pertanian Berkelanjutan Mahasiswa KKN Unila Boga Tama 2 Sukses Meningkatkan Kesadaran Petani









Menuju Pertanian Berkelanjutan Mahasiswa KKN Unila Boga Tama 2 Sukses Meningkatkan Kesadaran Petani
Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang tergabung dalam kelompok KKN Desa Boga Tama 2 menunjukkan komitmennya dalam mendukung terwujudnya pertanian berkelanjutan. Melalui program unggulan “Sosialisasi dan Implementasi Pupuk Organik Cair (POC)”, mereka berhasil meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para petani di desa setempat tentang manfaat dan cara penggunaan pupuk organik.

Kegiatan sosialisasi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman dan penggunaan pupuk organik di Dusun Air Merah, Desa Boga Tama. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya informasi dan pengetahuan tentang pupuk organik, serta kebiasaan menggunakan pupuk kimia yang dianggap lebih praktis dan cepat.

Program “Sosialisasi dan Implementasi Pupuk Organik Cair (POC)” ini dirancang dengan beberapa rangkaian kegiatan, yaitu:

1. Sosialisasi dan Edukasi tentang Pupuk Organik Cair (POC)
Mahasiswa KKN memberikan materi edukasi kepada para petani tentang manfaat dan keunggulan pupuk organik cair, termasuk dampak positifnya terhadap kesehatan tanah, tanaman, dan lingkungan. Materi disampaikan dalam bahasa yang mudah dipahami dan diiringi dengan demonstrasi pembuatan pupuk organik cair dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapat di sekitar lingkungan

2. Praktik Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC)
Para petani dilibatkan secara langsung dalam praktik dan demonstrasi pembuatan pupuk organik cair. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dan membangun kepercayaan diri mereka dalam membuat dan menggunakan pupuk organik cair.

3. Pendampingan dan Monitoring Penerapan Pupuk Organik Cair (POC)
Mahasiswa KKN melakukan pendampingan dan monitoring kepada para petani dalam penerapan pupuk organik cair di lahan pertanian mereka. Hal ini dilakukan untuk memastikan penggunaan pupuk organik cair yang tepat dan efektif, serta untuk mengamati perkembangan tanaman yang diolah dengan pupuk organik cair.

4. Evaluasi dan Konsultasi
Kegiatan sosialisasi dan implementasi pupuk organik cair ditutup dengan sesi evaluasi dan konsultasi. Para petani dapat memberikan masukan dan pertanyaan terkait dengan pengalaman mereka dalam menggunakan pupuk organik cair.
Program “Sosialisasi dan Implementasi Pupuk Organik Cair (POC)” ini mendapat respon positif dari para petani. Antusiasme mereka terlihat dari aktifnya partisipasi dalam setiap kegiatan, baik saat sosialisasi, praktik pembuatan pupuk organik cair, maupun pendampingan di lapangan.
Dampak Positif Program Sosialisasi dan Implementasi Pupuk Organik Cair (POC):
Meningkatnya pengetahuan dan kesadaran para petani tentang manfaat dan keunggulan pupuk organik cair.
Meningkatnya kepercayaan diri para petani dalam membuat dan menggunakan pupuk organik cair.
Berubahnya pola pikir para petani dari penggunaan pupuk kimia ke pupuk organik yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.
Meningkatnya kesehatan tanah dan tanaman di lahan pertanian yang diolah dengan pupuk organik cair.
Meningkatnya hasil panen dan kualitas produk pertanian.
Terciptanya lingkungan yang lebih bersih dan sehat dengan berkurangnya penggunaan pupuk kimia.
 
Program “Sosialisasi dan Implementasi Pupuk Organik Cair (POC)” ini merupakan langkah nyata dari Mahasiswa KKN Universitas Lampung Boga Tama 2 dalam mendukung terwujudnya pertanian berkelanjutan di Desa Boga Tama. Diharapkan program ini dapat menjadi model dan inspirasi bagi desa-desa lain untuk beralih ke pertanian yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.
 
Program “Sosialisasi dan Implementasi Pupuk Organik Cair (POC)” ini terlaksana atas kerjasama dan sinergi antara Mahasiswa KKN Universitas Lampung Boga Tama 2, Pemerintah Desa Boga Tama, Kelompok Tani di Desa Boga Tama, dan berbagai pihak terkait lainnya. (red)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung