Breaking News

KKN Unila di Desa Mesir Dwi Jaya Way Kanan Sosialisasi Tentang Gula Semut

 



Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) Periode I tahun 2024 Desa Mesir Dwi Jaya, Kecamatan Gedung Aji Baru, Kabupaten Tulang Bawang, mensosialisasikan gula semut, dan menumbuhkan minat agar Masyarakat sekitar tertarik membuat gula semut dari nira sawit, sosialisasi ini dilakukan Balai Desa Mesir Dwi Jaya pada Selasa (30/1). 

Sekertaris 1 Yunita Rachmawati (Teknologi Hasil Pertanian), mengungkapkan, bahwa ide bermula dari lingkungan desa setempat yang terdapat banyaknya pohon sawit yang tumbang disetempat yang tidak dimanfaatkan.

“Karena limbah pohon kelapa sawit pun bisa diolah dijadikan gula semut yang menghasilkan kemanfaatan daripada membusuk, yaitu diolah menjadi produk gula semut” katanya.

Ia berharap, produk tersebut bisa bermanfaat untuk warga desa setempat, dan dijadikan untuk meningkatkan ekonomi.

“produk  tersebut bisa digunakan pribadi, dan bisa juga untuk dipasarkan,” harapnya.

Penanggung jawab, Yunita Rachmawati (Teknologi Hasil Pertanian’21) menjelaskan, bahwa proses pembuatan gula semut membutuhkan waktu 30 menit untuk pembuatan. Yunita menuturkan bahwa berdasarkaan wawancara salah satu warga desa (Bapak Sumarno) sosialisasi tentang gula semut memberikan pengetahuan baru yang cukup signifikan membantu meningkatkan kemanfaatan pertanian di lahan hanya dengan sedikit sentuhan pengolahan. 

Produk tersebut juga sangat membantu memberikan wawasan kepada masyarakat tentang tanaman yang tidak dimanfaatkan menjadi produk yang ekonomis, karena dari produk tersebut terbukti mencegah resiko diabetes. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang terdapat pada jurnal yang berjudul STUDI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP GULA SEMUT KELAPA DI UNIVERSITAS LAMPUNG.

“gula semut itu tidak ada efek sampingnya, efek samping ke lingkungan juga tidak ada karena kami mengambil dari limbah pohon sawit yang sudah tidak berbuah atau sudah tumbang,” katanya, Yunita.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh masyarakat desa Mesir Dwi Jaya sebanyak 63 orang yang terdiri dari aparat desa, dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung