Breaking News

Jadi Salah Satu Penyebab Banjir di Bandar Lampung, Ini Dia Potret Before Afternya Sampah Menumpuk

 


Dengan menggunakan alat berat, sampah menumpuk di kali yang berada di Kelurahan Kali Balau Kencana, Kecamatan Kedamaian, kota Bandar Lampung yang menjadi salah satu penyebabnya terjadi banjir pada Sabtu, 25 Februari 2024, malam, dilakukan proses pembersihan hingga Minggu, 26 Februari 2024, dini hari, hal itu disampaikan oleh warga di Kali Balau.

"Titik jembatan dalam proses pembersihan sampah,  sekira jam 3, alat berat ekskavator langsung perintah Wali Kota untuk pembersihan sampah yang berada di bawah jembatan," kata warga setempat di Kali Balau Kencana Kedamaian Bandar Lampung Ari Hidayat.

Terkait apa saja sampah yang ada di tumpukan yang berada dibawah jembatan tersebut, lanjut kata ia, ada berbagai anekaragam sampahnya. "Kebanyakan ada sampah daei bambu, pohon pisang, sampah plastik," ujar dia.

Sambungnya, "Ada banyak faktor yang menjadi penyebab banjir ini, seperti ujan yang memang deras, debit air tinggi yang berasal dari kiriman berbagai daerah, kemudian ada tumpukan sampah di kali, sehingga membuat air di kali meluap dan terjadilah banjir,".

Lanjutnya, tumpukan sampah yang berada di bawah Jembatan di Kali Balau Kencana ini, menjadikan salah satu penghambat arus air, sehingga air meluap ke permukiman rumah warga.

"Ya, Wali Kota sudah datang dan sudah meninjau ke sejumlah rumah yang terdampak banjir, melakukan pengecekan kali juga, dan akan menurunkan alat berat ke lokasi untuk dapat membersihkan sampah sampah yang ada di bawah jembatan tersebut," ujar Ari.

Dia berharap kejadian seperti ini, tidak terulang lagi dan warga di Kali Balau Kencana tidak merasakan rasa waspada ketika hujan turun, hingga air meluap sehingga menyebabkan banjir.

"Harapan kedepannya semoga masalah banjir ini, bisa dapat teratasi ya, karena ini menjadi PR untuk kita bersama," papar dia. (Ma/ik)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung