Breaking News

Cara Memasukkan Qur'an di Microsoft Word Dengan Mudah

Cara Memasukkan Qur'an di Microsoft Word Dengan Mudah

Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dibuat oleh perusahaan teknologi terkemuka, Microsoft, dan merupakan salah satu aplikasi yang paling populer untuk membuat, mengedit, dan memformat dokumen teks. Perangkat lunak ini memiliki banyak fitur, seperti pengetikan teks, penataan halaman, pembuatan daftar, pemformatan teks, penyisipan gambar, dan pembuatan tabel, serta banyak lagi. Word telah menjadi salah satu aplikasi pengolah kata paling populer di dunia sejak dirilis pertama kali pada tahun 1983. Sejak saat itu, Microsoft Word tersedia untuk berbagai platform, termasuk Windows, macOS, Android, dan iOS. Fitur baru dan peningkatan termasuk kolaborasi real-time dan kompatibilitas dengan layanan cloud.


Bahkan saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana memasukkan ayat Al-Qur'an ke dalam Microsoft Word. Padahal caranya mudah dan praktis, namun bagi yang sudah mengetahui, berikut ini langkah-langkah yang perlu anda ikuti, agar komputer atau laptop anda di MS Wordnya sudah ada Al Quran, yang pertama anda bisa mendownload file resmi di Download Aplikasi


Diatas ini, adalah tampilan di website resmi kementerian agama, yang mana anda bisa mendapatkan tools tambahan untuk aplikasi Al Quran secara gratis loh, sehingga anda tidak perlu membayar seperser pun untuk aplikasi ini yai. dan dingatkan download di website resmi sesuai intruksi yang diberikan ya, berikut link Download Aplikasi



Ingat di dalam halaman website resmi ada dua menu pilihan dan anda disarankan memilih menu sesuai dengan foto diatas ya, dan jangan salah pilih menu, karena nantinya berakibat tidak bisa dipergunakan untuk Ms Word anda. 


Setelah anda mendownload aplikasi dari website resmi kementerian agama, maka anda akan mendapatkan file aplikasi Al Quran yang anda download tersebut. Sebelum anda menginstal aplikasi itu, disarankan anda mengecek terlebih dahulu komputer atau laptop anda masuk kategori 32 bit atau 64 bit ya. Kemudian setelah mengetahui, anda bisa memilih aplikasi dan instal. 


Setelah aplikasi terinstal di komputer atau laptop anda, kemungkinan masih terdapat sistem yang belum berjalan, seperti foto diatas, aplikasi Al Quran belum teraplikasi di Ms Word. Disarankan anda memilih menu file. dan nantinya akan tampil menu seperti dibawah ini:


Setelah anda mengklik menu file, maka akan tampil seperti foto diatas, dan disarankan anda memilih menu option yaa, agar dapat melanjutkan pengaplikasian aplikasi Al Qur'an ke Ms Word yang anda miliki, nantinya akan tampil menu seperti dibawah ini:


Kemudian jika anda memilih Menu Option, maka akan tampil halaman seperti foto diatas, dan disarankan anda memilih atau mengklik Add Ins, dan nantinya akan tampil menu seperti dibawah ini:


Setelah anda mengklik Add ins, dan nantinya akan tampil halaman seperti foto diatas, anda perhatikan dahulu apakah aplikasi Al Qur'an tersebut sudah berformat Add ins atau belum, jika sudah dipastikan Add ins, maka anda boleh melanjutkan ke proses selanjutnya yai. 


Setelah itu, tampilan halaman masih sama seperti foto diatas, namun anda langsung saja cuss klik tombol oke, dan nantinya akan tampil menu seperti dibawah ini:


Kemudian, setelah tampil halaman seperti foto diatas, maka anda tinggal klik atau contreng saja Quran Kemenag in Word, dan nantinya akan tampil menu seperti dibawah ini:


Jika tampilan halaman anda seperti foto diatas, maka sudah dipastikan Al Quran in Ms Word sudah berhasil ya, dan selamat anda bisa mencoba menu baru yang ada di MS Word, dan anda bisa memulainya dengan mengklik menu Al Quran, dan nantinya akan tampil menu seperti dibawah ini:


Tampilan halaman diatas ini, adalah contoh pengguna telah mempergunakan add ins Al Quran in Ms Word, dan diperhatikan dengan seksama ada menu Ayat Al Qur'an, metode isyarat dan terjemahan, sesuaikan dengan kebutuhan kalian, dan diingat untuk menu font dan ukuran sesuaikan dengan pedoman penulisan sesuai aturan masing-masing instansi. 

Semoga artikel yang berjudul "Cara Memasukkan Qur'an di Microsoft Word Dengan Mudah". bisa bermanfaat dan bisa menambah edukasi serta wawasan para pembaca semua. Terima Kasih. 

Bandar Lampung, 8 Februari 2024
Penulis Febrian Maulana Putra
















0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung