Breaking News

Mahasiswa KKN Unila Ajak Ibu PKK Belajar Cara Buat Tukkus di Kalianda Lamsel


Mahasiswa/I KKN UNILA mengajak ibu ibu PKK untuk belajar cara membuat Tukkus dan mengenal kan arti dari Tukkus, Serta menjadikan kerajinan tangan dari tapis sebagai UMKM desa Sukatani. Kegiatan ini dilaksanakan di balai desa Sukatani kec. Kalianda pada hari Selasa, 23 Januari 2023.

Tukkus merupakan Tradisi masyarakat lampung yang memiliki nilai filosofi yang mendalam tukkus dibuat dengan kain segi empat dengan dua sayap di bagian kiri dan kanan Kedua sayap itu dibuat dengan posisi yang berbeda. Sayap di sebelah kanan dibuat rata sedangkan yang di sebelah kiri dibuat berdiri jelasnya "

"Artinya duduk sama rendah, berdiri sama tinggi" Lampung terdapat dua masyarakat adat yakni Pepadun dan Saibatin. Artinya Saibatin dan Pepadun ini sama posisinya. Tidak ada yang paling tinggi dan tidak ada yang paling rendah,"

Dengan ada nya kegiatan ini selain mengenal kan budaya dan tradisi Lampung mahasiswa KKN berharap dapat membantu Desa Sukatani dengan membuat UMKM tapis ini sendiri dan ketika Mahasiswa selesai Dari KKN mempunyai kenang kenangan yang dapat bermanfaat untuk desa seterus nya. (Red)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung