Breaking News

GMKI Bandar Lampung dan Kanwil Kementerian Agama Lampung Menjalin Kerjasama untuk Mendorong Kerukunan Antaragama

 


Badan Pengurus Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Bandar Lampung berkunjung ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung pada tanggal 10 Agustus 2023. Delegasi GMKI, yang dipimpin oleh Ketua Cabang Dwiki Simbolon dan didampingi oleh Sekretaris Cabang Nico Savero, serta beberapa Badan Pengurus Cabang lainnya yaitu Naomi Anjeli Gultom (Ketua Bidang Pendidikan Kader dan Kerohanian), Rhenaldy Munthe (Sekretaris Fungsi Organisasi), Jon Rico Silaban (Sekretaris Fungsi Kemasyarakatan) dan Rika Saragi (Sekretaris Fungsi Keesaan Gereja).


Kunjungan tersebut diterima dengan hangat oleh Bapak Puji Raharjo Soekarno, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, serta Bapak Enery Gultom, Pembimas Kristen Kemenag Lampung. Pertemuan ini menjadi forum penting dalam mendiskusikan isu-isu yang berkaitan dengan kerukunan antaragama, pemahaman moderasi beragama, dan peran aktif masyarakat dalam mencapai kedamaian di wilayah Lampung.

 

Ketua Cabang GMKI Bandar Lampung, Dwiki Simbolon menyampaikan GMKI mengambil langkah proaktif dalam membangun kerja sama yang erat dengan instansi pemerintah yang berperan dalam pengembangan kehidupan beragama di daerah ini.


"Kami merasa terhormat atas kesempatan ini untuk bertemu dengan perwakilan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung. Salah satu fokus kami adalah mendorong kerukunan antaragama dan melibatkan mahasiswa dalam upaya membangun lingkungan yang harmonis dan inklusif. Kami juga ingin menyoroti isu-isu penting seperti pembubaran ibadah dan penutupan Gereja GKKD Lampung serta peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam menampung aspirasi masyarakat antaragama," ujarnya.

 

Dalam kunjungannya, GMKI Bandar Lampung juga menyampaikan rencana aksi mendatang, di mana mereka berharap untuk mendapatkan dukungan dari Kementerian Agama dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan moderasi beragama. Rencana ini mencakup diskusi dan dialog antaragama, aksi nyata di lapangan, serta kolaborasi melalui platform digital guna memperkuat kerjasama dan keterlibatan antaragama, sejalan dengan semangat untuk mempertahankan keutuhan berbangsa dan beragama.

 

Bapak Puji Raharjo Soekarno, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung, mengapresiasi inisiatif GMKI Bandar Lampung dan menyambut baik rencana aksi mereka. Beliau menyatakan,


"Kami siap mendukung dan bekerja sama dengan GMKI dalam mempromosikan kerukunan antaragama dan moderasi beragama. Kolaborasi antara pemerintah dan mahasiswa memiliki potensi besar dalam membentuk masyarakat yang lebih toleran dan harmonis," tegas beliau.

 

Kunjungan ini menegaskan komitmen GMKI Bandar Lampung dan Kementerian Agama Lampung untuk bersama-sama membangun pondasi kerukunan dan pemahaman yang kuat di antara berbagai komunitas beragama di wilayah Lampung. (Ma/ik)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung