Breaking News

LTM NU Kota Bandar Lampung Gandeng ISPI Cabang Lampung Melaksanakan Pelatihan Qurban

 




Sebanyak 200 peserta yang merupakan utusan dari masjid se Kota Bandar Lampung,  ikuti Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban Sabtu, 24 Juni 2023 di Gedung Semergow komplek Pemerintah Kota Bandar Lampung.


Kegiatan tersebut atas kerja sama ISPI Cabang Lampung bersama Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) PCNU Kota Bandar Lampung serta disuport penuh oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung.


Kegiatan itu, dimaksudkan agar pelaksanaan  pemotongan hewan qurban di masjid di Bandar Lampung makin meningkat kualitasnya baik dari sisi syariat maupun dari sisi kesehatan dan kesejahteraan  hewannya, serta kemaslahatannya.


Dalam penyampaian laporannya, ketua panitia Husnudin yang juga ketua LTM NU menyampaiakan bahwa Kegiatan ini merupakan rintisan penghidmatan LTMNU Kota Bandar Lampung yang dalam hal ini, bekerja sama dengan ISPI Cabang Lampung, dalam rangka menghadirkan pengetahuan dan informasi tentang pelaksanaan penyembelihan qurban yang baik dari para nara sumber yang berlatar profesi sesuai keahliannya.


"Pelatihan ini merupakan kegiatan perdana kami, setelah beberapa waktu yang lalu kami dilantik oleh PCNU Kota Bandar Lampung" ujar Husnudin ketua LTM NU.


Sementara, Ketua ISPI wilayah Lampung, Aris Susanto berharap, agar kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan. “Semoga adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Serta dapat terus dilaksanakan,” ungkap alumni Jurusan Peternakan Unila itu.


Ia mengatakan pengetahuan tentang kesehatan daging kurban dari penyakit LSD maupun Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) penting diketahui masyarakat.


“ISPI dan Veteriner terbatas, maka dari itu kami perlu mensosialisasikan masalah penyakit LSD dan PMK kepada masyarakat,” ujarnya. 


Ketua PCNU Kota Bandar Lampung, Ichwan Adji Wibowo mengajak, kepada para peserta agar bersama-sama terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penyembelihan qurban, terutama dari aspek pendistribusian daging qurban.


Karena dinilainya selama ini terjadi ketimpangan, ada wilayah tertentu pelaksanaan qurbannya berlimpah terutama di komplek perumahan kelas menengah ke atas, sementara daerah lain sangat minim qurbannya.


“Tidak kalah penting dalam kegiatan ini, semoga kita bisa instropeksi dan mengevaluasi dalam distribusi daging kurban supaya lebih merata dan bermaslahat bagi kaum duafa” ungkapnya.


Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandar Lampung Iwan Ginawan, forkompimda Kota Bandar Lampung, Kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Kemenag), Pengurus Muhammadiyah, Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Lampung.


Kemudian turut hadir jajaran PCNU Kota Bandar Lampung. (Fe/ik)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung