Breaking News

Mau Uang Tapi Gak Mau Kerja, Anda Sehat ?!



Mau Uang Tapi Gak Mau Kerja, Anda Sehat ?!

Uang dalam kehidupan merupakan salah satu barang yang paling dicari-cari, karena dengan adanya uang, semua kebutuhan bisa dibeli namun ada batasannya, contoh seperti kebutuhan konsumsi makan dan minum, dan kebutuhan lainnya, yang dinominalkan dengan uang, namun ada juga kebutuhan yang tidak bisa dibeli dengan uang, contohnya seperti waktu, cinta, kebahagian dan lainnya. 

Uang Sebagai Alat Tukar?
Dalam ilmu ekonomi, uang sudah dikenal dari jaman dahulu kala, karena setelah jaman adanya barter, penukaran antara barang dan barang, mulailah bergerak peredaran uang, yang mana nominal uang menyetarakan dengan barang yang hendak dibeli.  

Uang merupakan alat tukar yang dapat diterima secara umum, karena fungsi uang telah disepakati bersama sebagai alat tukar. Dalam konteks ekonomi, uang sebagai alat tukar bisa didapatkan dengan cara setiap orang yang ingin mendapatkan harus menukarkannnya dengan barang ataupun jasa.

Bekerja?
Sementara bekerja, adalah salah satu kegiatan yang untuk mendapatkan uang, ada cara lain selain bekerja untuk mendapatkan uang, yakni berusaha, namun cara ini, terkadang banyak yang menyerah, apalagi jika usaha yang dijalankan mengalami penurunan, sehingga perlu adanya tambahan anda, dan hal inilah yang menjadikan mental usahanya menurun, dari persoalan itulah, kebanyakan orang ingin bekerja, karena ingin  mencari penghasilan tetap, berbeda dengan usaha, yang kadang pasang surut mendapatkan penghasilannya.

Malas?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), malas berarti tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu. Memang benar, masih banyak orang yang malas bekerja, namun dikaitkan dalam topik ini, yakni ingin mendapatkan uang. Berbagai faktor yang mempengaruhi orang malas bekerja, namun ingin mendapatkan uang, hal itu karena orang tersebut masih berpikir bahwa dirinya tidak bekerja saja, pasti perut akan kenyang, bensin kendaraan akan terisi, dan lain sebagainya. Pemikiran seperti itulah yang harus dibuang jauh-jauh, karena hidup itu harus mandiri.

Dimanja Orangtua?
Kebanyakan ada yang merasa dirinya tidak perlu bekerja, karena dirinya menganggap bahwa orangtuanya pasti akan mendukung dirinya, bahkan rebahan saja, tidak melakukan pekerjaan, tentunya konsumsi harian dan kebutuhan lainnya, tinggal minta, dan diberikan ke orangtua. Inilah pentingnya peran orangtua, yang tidak boleh memanjakan anaknya, karena jika anak terus dimanja, maka akan menjadi generasi anak yang malas. Kedewasaan anak akan berkembang pada saat anak itu menginjak usia 17 tahun, sehingga pada usia tersebutlah, orangtua harus menjaga jarak, dan tidak boleh memanjakan anaknya, dan terbentuklah karakterisitik anak yang mandiri dan bertanggungjawab kedepannya. 

Mulailah Bergerak!
Mau kapan lagi pergerakan anda mulai, jika diri anda belum merubah pola pikir, bahwa diri anda adalah anda yang menafkahi, bukan mengharapkan bantuan dari orang lain, apa mau menghabiskan waktu yang sangat banyak itu, hanya untuk rebahan sambil menonton saja? puaskan anda seperti itu? tentunya anda merasa puas, namun saja kehidupan anda akan menjadi berantakan jika pola kehidupan anda seperti itu terus. 

Berpikirlah sehat, dan lihatlah orang sekitar anda yang bekerja, jangan anda terbuai dengan dunia maya, yang membuat anda lupa dengan kehidupan sebenarnya. Memang tidak ada yang melarang, untuk anda menghibur diri anda sejenak dengan menonton, dan kegiatan lainnya, namun usahakan kapasitasnya harus lebih banyak kegiatan bermanfaat dibandingkan dengan kegiatan yang tidak bermanfaat, perbadingannya 80% kegiatan yang bermanfaat dan 20% kegiatan yang bebas anda lakukan, seperti menonton, rebahan dan lain sebagainya. 

Pikirkan Masa Depan
Ada banyak hal yang perlu kamu tau di depan sana, dan masih panjang perjalanan hidup anda, jika anda terperangkap dengan zona nyaman, ingin mendapatkan uang namun tidak mau bekerja, hanya mengharapkan pundi-pundi uang dari orangtua, sebaiknya lawan rasa malas yang ada di dalam hidup anda, sebelum anda menyesal kedepannya, keluarlah dari zona nyaman tersebut, sebelum anda terperangkap lebih jauh!

Penulis 
Pekerja Serabutan
Febrian Maulana Putra, S.I.Kom.,S.Akun.,C.IMFB.,C.PSMM


0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung