Breaking News

Tata Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN



Tata Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN

BUMN adalah singkatan dari badan usaha milik negara, jadi setiap perusahaan yang ada label BUMN, maka perusahaan itu, sebagain ebsar modalnya dimiliki oleh Negara Indonesia, baik ittu dalam bidang aset maupun kepemilikan perusahaan. Adapun untuk pengertian BUMN, seperti yang tercantum pada undang-undang nomor 19 tahun 2003 dalam pasal 1 disebutkan bahwa Badan Usaha Milik Negara, yang selanjutnya disebut BUMN, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.

Kemudian Perusahaan Perseroan, yang selanjutnya disebut Persero, adalah BUMN yang berbentuk perseroan terbatas yang modalnya terbagi dalam saham yang seluruh atau paling sedikit 51 % (lima puluh satu persen) sahamnya dimiliki oleh Negara Republik Indonesia yang tujuan utamanya mengejar keuntungan. Perusahaan Perseroan Terbuka, yang selanjutnya disebut Persero Terbuka, adalah Persero yang modal dan jumlah pemegang sahamnya memenuhi kriteria tertentu atau Persero yang melakukan penawaran umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Pekerja yang bekerja di BUMN adalah pegawai BUMN, terkait dengan kontrak hal ini seperti yang telah diatur pada undang-undang nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN oleh karena itu pegawai BUMN tidak masuk pada kategori aparatur sipil negara atau ASN dan juga bukan pegawai negeri sipil atau PNS. Pasal 87 Ayat (1) Dengan status kepegawaian BUMN seperti ini, bagi BUMN tidak berlaku segala ketentuan eselonisasi jabatan yang berlaku bagi pegawai negeri. Perjanjian kerja bersama dimaksud dibuat antara pekerja BUMN dengan pemberi kerja yaitu manajemen BUMN.

Untuk fungsi BUMN sendiri sama seperti badan usaha yang lainnya yaitu terdapat beberapa fungsi yang perlu diketahui, untuk tujuan utama dari fungsi tersebut yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dengan kehadiran BUMN di Indonesia ini sangat berpengaruh terhadap kondisi masyarakatnya oleh karena itulah maka tidak heran jika BUMN ini memiliki banyak sekali perusahaan di berbagai sektor industri. 

Rekrutmen Bersama BUMN tahun ini resmi dibuka, dan bagi kalian yang hendak menjadi bagian dari BUMN, bisa segera melengkapi persyaratannya, dan jangan sampai ada yang kelupaan, karena berkesempatan karir di BUMN, tidak kalah bergengsi loh dengan ASN dan lain sebagainnya. Berikut langkah-langkah yang harus anda persiapkan jika hendak mendaftar BUMN, yakni:

Langkah 1



1. Silahkan Yai, Atu, Buka link ini https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/
(Pastikan koneksi internet anda, stabil dan baik, agar bisa mengakses website BUMN dengan lancar dan aman serta tidak ada kendala)

Kemudian anda pilih menu Register sesuai gambar dibawah ini:

Langkah 2



2. Pilih mengklik menu register, kemudian akan tampil berbagai form, seperti isi data diri sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan masukkan alamat email.  (KTP dan email harus aktif).

Jika tampilan anda benar, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. 

Langkah 3


Isi data diri anda, sesuai dengan KTP anda, dan ingat nomor KTP dan juga email jangan sampai salah, usahakan isi biodata diri dengan teliti dan jangan terburu-buru, ingat ini untuk masa depan anda!

Jika semua form sudah diisi, maka akan tampil gambar seperti dibawah ini:

Langkah 4



Setelah data yang anda isi sudah benar, dan sudah anda cek kembali, maka akan tampil menu konfirmasi data, dalam menu ini, pihak BUMN meyakinkan anda, apakah data yang anda masukan sudah benar atau valid sesuai dengan data diri anda? jika data sudah valid, maka anda bisa memilih menu yakin benar.

Kemudian anda cek email yang anda daftarkan di website BUMN, nanti akan ada balasa dari pihak BUMN, untuk anda melakukan aktivasi, contoh sebagai gambar dibawah ini:

Langkah 5


Setelah anda mendapatkan balasan dari pihak BUMN, seperti ini "
Hai ****
Terima kasih atas pendaftaran Anda di Portal Rekrutmen Bersama BUMN. Silahkan klik pada link berikut untuk mengaktifkan keanggotaan Anda secara otomatis.
Aktivasi Akun
Selanjutnya, segera lengkapi data Curriculum Vitae dan dokumen persyaratan sebelum melamar job vacancies pada BUMN yang tersedia."

Jika anda sudah mendapatkan balasan seperti diatas, maka anda dapat melakukan aktivasi akun yang dikirim melalui email. Jika tidak ada di kotak masuk email anda, maka anda bisa cek di spam email anda. Namun jika belum ada balasan, kemungkinan anda harus menunggu.

Langkah 6



Anda diminta lengkapi Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup) yang terdiri dari:
• Data diri
• Pendidikan
• Alamat
• Pengalaman kerja
• Pengalaman organisasi
• Keluarga
• Skill (kemampuan)

Langkah 7




Setelah data diri anda sudah diisi, maka anda diminta untuk memilih posisi yang ingin dilamar pada menu Lowongan. (Ingat pilihlah lowongan sesuai dengan bidang anda, dan pahami syarat-syarat di masing-masing lowongan tersebut, jangan ikut-ikutan kawan!)

Dalam menu memilih lowongan kerja ini, peserta bisa memilih posisi yang dilamar lebih dari 1 (satu), dan usahakan pilihlah peminat yang sesuai bidang anda dan pendaftarnya tidak terlalu banyak.

Langkah 8
Setelah anda memilih posisi yang dilamar, dan proses pun selesai, dan tinggal menunggu jalannya alur proses rekrutmen BUMN.

Perlu anda ketahui ya yai, atu, bahwa dalam proses rekrutmen BUMN ini, ada syarat-syarat yang perlu anda penuhi, seperti:
1. Pendaftar merupakan warga negara Indonesia (WNI).
2. Tentang Usia 
Usia maksimal 27 tahun untuk lulusan Diploma III
Usia maksimal 30 tahun untuk lulusan Diploma IV dan Strata Satu (S1)
Usia maksimal 35 tahun untuk lulusan Starata Dua (S2)
Note Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi.
3. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba.
4. Memiliki sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.
5. Memiliki rekomendasi komunitas untuk pelamar yang berprestasi di bidang olahraga, seni, digital creator, dan start-up apabila ada.
6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
7. Memiliki dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian.

Langkah 9
Tanggal 1 Juni 2023
Pengumuman hasil pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023 
Para peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti serangkaian tes selanjutnya. Silahkan kalian cek kelulusan di akun BUMN anda masing-masing, caranya anda login ke akun yang telah anda daftarkan sebelumnya.

Tanggal 10-19 Juni dan pengumuman 28 Juni 2023
Setelah itu masuk ke tahap tes TKD dan Akhlak (bobot TKD 40% dan Akhlak 60%): 

Tanggal 8-12 Juli 2023. Pengumuman pada 19 Juli 2023
Tahap tes Bahasa Inggris (bobot Threshold > 450) : 

Tanggal 22 Juli - 9 Agustus 2023
 4. Selanjutnya akan ada tes oleh BUMN yang meliputi tes kompetensi bidang, user interview, socmed analytic & digital, mindset dan MCU

Tanggal 16 Agustus 2023
Pengumuman hasil akhir (Final): 

Semoga bermanfaat artikel tentang Tata Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN, dan bilamana anda pertanyaan, bisa langsung komen dibawah artikel ini ya, terima kasih. (fe/ik)
© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung