Breaking News

Di Malam Ramadhan, Gempabumi Magnitudo 4,9 Guncang Daerah Lampung, Ada yang Kerasa Yai ?


Di malam ramadhan ini, tercatat ada gempabumi yang guncang daerah Lampung, pada Kamis, 6 April 2023, pukul 20:28:34 WIB.
.
.
"Wilayah Pesisir Barat Lampung dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang HARTANTO, ST, MM.
.
.
Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,9, lanjut ia, Episenter terletak koordinat 5.87 LS dan 104.02 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 76 kmTenggara PESISIRBARAT-LAMPUNG pada kedalaman 47 km.  
.
.
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia," ujar dia.
.
.
Dampak gempabumi, kata dia, yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pesisir Barat dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Di Liwa dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Di Tanggamus dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 
.
.
"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," tutur dia.
.
.
Sambungnya, "Gempa Susulan: Hingga pukul 20:36 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,".
.
.
Dia himbau kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.  
.
.
"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," papar dia. (Fe/ik).

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung