Breaking News

Cangget Lebaghan 1444.H, DPK KNPI Sungkai Utara, Terlaksana dengan Meriah dan Sukses


Dewan pengurus kecamatan Komite Nasional pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kecamatan Sungkai Utara, Lampung Utara, Lampung, melaksanakan kegiatan Festival Budaya KNPI "Cangget Lebaghan 1444.Hijriah". Bersama Muli Meghanai se-Sungkai Utara, kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kecamatan setempat. Senin, (24/04/2024).

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut Wabup Ardian Saputra, S.H, Ketua DPD KNPI Kabupaten Lampung Utara Imausah, Perwakilan dari DPD KNPI Provinsi Lampung Bung Ardi, Asisten 1, Mankodri, Kepala Kesbangpol, Mat Soleh, Kadispora, Imam Hanafi, Kadis Perdagangan, Hendri, Ketua KPU Kabupaten Lampung Utara, Anggota DPRD Lampung Utara, Sekretaris Kominfo, M. Luzirwan, Kabag Kesra, Apriyadi dan Kabag Barjas Rahadian Aksa. Camat Sungkai Utara, Antoni Efendi, S.H, M.M, Camat Sungkai Selatan. Dan Juga Para tokoh Adat, tokoh, Masyarakat, dan tokoh agama se Sungkai Utara. 

Festival Budaya Cangget Lebaghan 1444 H. Bersama Muli Meghanai se-Kecamatan Sungkai Utara, Sangat Meriah, Tampak pemuda-pemudi dan masyarakat setempat sangat antusias hadir dan meramaikan kegiatan tersebut. 

Bung Adi Saktiwan, S.H. selaku ketua DPK KNPI Sungkai Utara dalam sambutanya menyampaikan kegiatan ini adalah ajang silaturahmi dan juga untuk melestarikan Adat istiadat Lampung. 

Bung Adi menyampaikan “Kegiatan ini merupakan agenda silaturahmi pemuda, yang dikemas dengan adat budaya lampung. Adat budaya Lampung yang kami maksud adalah adat Lampung Sungkai, marga sungkai bunga mayang. Dengan terselenggaranya kegiatan ini DPK KNPI Sungkai Utara mengharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh pemuda - pemudi untuk melestarikan budaya Adat kita bersama Khusus Adat Lampung Sungkai Bunga Mayang.

Ditempat yang sama setelah Ceremonial pembukaan Cangget Lebaran KNPI, Ketua DPD KNPI Kabupaten Lampung Utara Imausah menyampaikan keterangan terkait Cangget Lebaran 1444.H, Kegiatan ini adalah Bukti kongkrit, kerja - Kerja KNPI yang merepresentasikan Pemuda Lampung Utara, Khusus Pemuda - Pemudi Sungkai Utara. 

Ujar Bung Imau "Adapun kegiatan ini merupakan bukti kongkrit, bahwa KNPI Sungkai Utara hadir Untuk mendukung Pemerintah dalam Hal pelestarian adat Istiadat Lampung. Dengan Kegiatan ini diharapkan outputnya bisa menggugah kesadaran bersama khusus Pemuda - Pemudi Lampung untuk lebih peduli dan mencintai adatnya sendiri."

Dalam Pengarahan Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra, S.H di ceremonial Festival Budaya “Cangget Lebaghan” 1444 Hijriah 2023. Bersama Muli Meghanai se-Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Utara. 

Pak wabup menyampaikan, "Hari ini masih suasana Lebaran, saya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Daerah mengucapkan minal aidin walfa idzin, mohon maaf lahir dan batin. Saya merasa sungguh sangat luar biasa, melihat pemuda-pemudi kabupaten Lampura khususnya Kecamatan Sungai Utara yang tergabung di KNPI bisa menyelenggarakan adat budaya Lampung. Kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikan adat budaya kita, ini adalah suatu hal yang sangat membanggakan Pemerintah Daerah," ucap Ardian.

Dilanjutkan Wabup Ardian Saputra, 
“ Saya sampaian Kepada pemuda-pemudi mari kita bersama-sama membangun adat budaya kita, agar bisa dikenal diluar Kabupaten lain,” Saya berharap Festival Budaya Cangget Lebaghan. Bersama Muli Meghanai Sungkai Utara, agar dapat dilihat diseluruh Lampung, Bahkan seluruh Indonesia."

Tokoh adat Sungkai Utara, Ilmansyah dalam sambutannya mengatakan, "Adik-adik muli meghanai beserta pengurus KNPI, sebagai bahan referensi kita, bahwasannya adat budaya kita lampung tentu mau tidak mau akan bergeser, baik dengan kemajuan jaman, modernsasi dan masuknya pengaruh budaya asing kedalam budaya lokal. Dengan adanya festival Cangget Lebaghan ini, sebagai penyabung silatuhrahmi, dan turut serta melestarikan adat budaya kita”tuturnya.

Di Akhir kegiatan, Ketua Pelaksanaan kegiatan Cangget Lebaghan 1444.H, Zai Pandera, Mengucapkan Ucapan Banyak Terimakasih dan Permohonan Maaf kepada Semua Pihak. 

" Saya atas nama Panitia Cangget Lebaghan KNPI, Mengucapkan banyak terimakasih kepada Semua Pihak, Yang telah membantu baik moril maupun materil, Berupa dukungan, ide, gagasan, Fikiran, Tenaga, Barang, dan Uang atau Bentuk apapun dalam proses kegiatan ini, sekali lagi kami ucapkan banyak terimakasih. Juga kami atas nama Panitia Cangget Lebaghan KNPI mengucapkan permohonan maaf kepada semua pihak dan Tamu undangan jikalau selama proses persiapan, sampai pelaksanaan ada hal yang salah atau kurang berkenan dengan semua pihak, dengan kerendahan Hati, Saya mengucapkan beribu Maaf. Sinergi pemuda ~ Indonesia Bangkit. Sungkai Utara Jaya" Pungkas Bung Zai. (Res)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung