Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Minggu, Oktober 30

Menengok Aktivitas Urban Farming di Masjid Al Iman Gedong Meneng Rajabasa Bandar Lampung

 



Gaya hidup sehat dapat diperoleh dengan cara yang mudah, salah satunya adalah dengan kegiatan Urban Farming, sebuah istilah yang merujuk pada kegiatan bercocok tanam atau beternak secara mandiri di wilayah perkotaan. Kegiatan ini memanfaatkan lahan yang terbatas, seperti pekarangan rumah, halaman masjid, maupun lahan di sekitar rumah dan masjid. Hasil dari kegiatan ini tidak hanya bermanfaat dari segi ekonomi tetapi baik bagi lingkungan dan kesehatan, lingkungan menjadi lebih sehat dengan udara segar, asri, dan indah di pandang.


Urban Farming yang bisa kamu lihat di kota Bandar Lampung salah satunya adalah di Masjid Al Iman Perumahan Bumi Puspa Kencana Blok H.1A Gedong Meneng Rajabasa Bandar Lampung. Masjid Al Iman merupakan masjid di komplek perumahan yang ramah lingkungan, ramah anak, dan nyaman untuk beribadah dan kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat. Banyak program-program yang Masjid Al Iman yang selama ini sangat membantu masyarakat secara sosial diantaranya gerakan Nasi Bungkus Jumat Berkah, Beasiswa Pendidikan, Paket Sembako Dhuafa, Donor Darah, dan program lainnya. Terbaru program yang dihadirkan Masjid Al Iman adalah membuat Urban Farming di halaman masjid sebagai bentuk komitmen peduli lingkungan. 


Inisiasi dan pelaksanaan Urban Farming Masjid Al Iman telah digagas sejak tahun 2021, namun baru efektif dilaksanakan di tahun 2022 dengan terlebih dahulu melakukan penataan area halaman masjid dengan membuat fasilitas tempat duduk anak-anak santri dan jamaah, gazebo pondok peradaban, lapangan badminton, dan area olahraga, serta area lahan kegiatan Urban Farming. Ketua DKM Al Iman Dr. Triono menyampaikan bahwa kegiatan Urban Farming ini merupakan bagian dari bentuk cinta lingkungan dan memanfaatkan lahan yang kosong untuk bercocok tanam di area sekitar masjid. 


Beberapa tanaman yang telah dilakukan penanaman antara lain pohon kurma, aneka pohon buah seperti jeruk, rambutan, alpukat, sirsak dan strawbery. Dan aneka jenis tanaman sayuran seperti sawi, kangkung dengan sistem hydroponik, serta tanam di polibek seperti cabai, tomat, daun bawang, terong ungu, dll. Kegiatan Urban Farming Masjid Al Iman saat ini masih dikelola secara mandiri oleh pengurus Masjid Al Iman, dan kedepan rencana akan dipadukan dengan program budidaya ikan melalui kolam terpal.


"Melalui moto sejengkal tanah sejuta manfaat, Urban Farming Masjid Al Iman mudah-mudahan dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan di lahan masjid yang terbatas ini. Kami yakin dengan lingkungan yang hijau, pola hidup bersih, rapi, dan sehat kita akan selalu dapat memberi manfaat dan kebaikan untuk lingkungan kita,” ujar Triono.


Kegiatan Urban Farming di perkotaan saat ini sedang menjadi trend sebagai salah satu upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Masjid perlu mulai berdikari dan mandiri dengan memadukan program-program keagamaan, sosial, dan cinta lingkungan. Kepedulian masyarakat dan jamaah akan lingkungan yang bersih dan sehat akan mewujudkan suatu tatanan masyarakat yang sehat dan nyaman. (Jamal)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments