Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Mau Investasi? Gabung Dibawah ini

Selasa, Agustus 17

Keren! Presiden Jokowi & Erick Tohir Pakai Baju Adat Lampung




Keren! Presiden Jokowi & Erick Tohir Pakai Baju Adat Lampung



Keren.! Presiden Joko Widodo pada upacara peringatan HUT kemerdekaan ke 76 tahun Republik Indonesia di Istana Negara mengenakan Pakaian Adat Lampung lhoo.


Momen ini menarik pemerhati fashion, seni dan budaya se nusantara tidak terkecuali warga lampung, baik itu tokoh nasional maupun tokoh daerah. Pada hari selasa (17/8) ini lampung tidak hanya jadi perbincangan terkait busana Presiden Jokowi namun sempat menjadi trending topic di twitter dan juga dua putera putri asal lampung menjadi pengerek bendera pusaka dalam upacara kemerdekaan tahun ini.


Selain Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian adat Lampung, terlihat juga Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan Pakaian Adat Lampung lho, wah kerennya. Bagi warga Lampung semakin menambah kebahagian dan kebanggan tersendiri karena Presiden Jokowi serta Menteri BUMN membawa nama lampung menjadi lebih terkenal lagi dan terangkat dari sisi fashion dan budaya sebagai kekayaan budaya nasional.


Dari beragam komentar netizen, juga muncul dari beberapa tokoh Lampung diantaranya dari Ketua Apindo Lampung dan juga Ketua Pejuang Bravo Lima Lampung Ary Meizari Alfian. Dia ungkapkan sukacita khusus karena kejadian hari ini.


“Secara khusus, saya ucapkan sangat berterima kasih dan penghargaan tinggi kepada presiden Jokowi yang sudah membawa nama Lampung  semakin mendunia dari sisi fashion budaya dan seni, terlebih dalam momen hari ulang tahun Kemerdekaan ke 76 RI tercinta," kata Ary.


‘selain pak presiden, ternyata Pak Erick Thohir Mentri BUMN, juga mengenakan Pakaian Adat lampung dalam jenis yang berbeda, ini merupakan kebangaan tersendiri bagi saya pribadi sebagai warga dan kelahiran lampung” lanjutnya.


“Kita sebagai warga lampung patut bangga atas apa yang diperlihatkan oleh Presiden Jokowi dan Erick Thohir sehingga lampung menjadi lebih terkenal” tandasnya.


Dalam beberapa informasi yang beredar ternyata pakaian yang dikenakan oleh presiden merupakan hasil rancangan budayawan lampung anshori djausal dan dijahit khusus oleh cecep penjahit dari lampung.


Dan berdasarkan paparan dekranasda lampung pakaian presiden tersebut terdiri dari beberapa unsur.

1. Kikat Manuk Meghem/Angkinan

2. Selikap Jungsarat

3. Kaway dan Celana Handak

4. Bulu Serattei

5. Sinjang Tumpal

Sementara pakaian yang dikenakan oleh menegBUMN Erick Thohir,  berdasarkan pemaparan Novel Sanggem penggiat Budaya Lampung bahwa Erick Thohir menggunakan Tapis Balak (yang terdiri dari kiket manuk meghem dan sarung tapis), dan pakaian ini biasa umum digunakan dalam acara adat Pepadun.


“Jadi beliau ini  (Erick Thohir) Tapis Balak sebenarnya untuk laki-laki tidak diperkenankan memakai sarung tapis, Tapi beliau ini memakai pakaian umum yang hari ini menjadi formalitas untuk masyarakat Lampung dalam acara berunsur budaya.” Ujar Novel.


Masyarakat awam hanya diperbolehkan memakai kiket/kopiah/peci/ biasa, yakni kopiah nasional yang dibalut kain tapis. 

“Pakaian ini biasanya ini dipakai oleh masyarakat adat pepadun, Megoupak Tulang Bawan, Waykanan, pubian sering memakai pakaian adat ini” pungkasnya

Artikel Terkait

Comments
0 Comments