Breaking News

Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Cerpen Mobil Baca Ade

 



Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Cerpen Mobil Baca Ade


Bandar Lampung - Tim Juri  dari  Lomba Menulis Cerpen Mobil Baca Ade telah menentukan pemenang lomba cerpen berhadiah Total Jutaan Rupiah untuk Kategori Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Pada perlombaan ini terdapat 3 tema yang dilombakan antara lain Ayo Membaca, Lebaran Di Tengah Pandemic dan Aku Bosan Sekolah Online. 


Juri – juri professional yang terlibat pada kegiatan ini antara lain Isbedy Stiawan ZS, lahir di Tanjungkarang, Lampung, dan sampai kini masih menetap di kota kelahirannya. Ia menulis puisi, cerpen, dan esai juga karya jurnalistik. Dipublikasikan di berbagai media massa terbitan Jakarta dan daerah, seperti Kompas, Republika, Jawa Pos, Suara Merdeka, Pikiran Rakyat, Lampung Post, Media Indonesia, Tanjungpinang Pos, dan lain-lain. Isbedy pernah sebulan di Belanda pada 2015 yang melahirkan kumpulan puisi November Musim Dingin, dan sejumlah negara di ASEAN baik membaca puisi maupun sebagai pembicara. Beberapa kali juara lomba cipta puisi dan cerpen, 


Lalu Naqiyyah Syam adalah ibu tiga anak ini menetap di Bandarlampung. Pendiri komunitas Tapis Blogger dan Koordinator Humas BPP FLP. Penulis 38 buku antologi, duet dan solo. Karyanya telah dimuat diberbagai media seperti Kompas, Femina, Majalah Gadis, Majalah Ummi, Lampung Post dan lainnya. Lulusan S1 Kehutanan Universitas Bengkulu (UNIB) ini mulai aktif menulis sejak kuliah. Pernah mengelola rubrik Budaya dan Sastra selama satu tahun di koran Rakyat Bengkulu (RB).


Juri ketiga yaitu Fitri Restiana. Fitri Restiana / Fifi pada dunia literasi dimulai dari seringnya sang mama membelikan majalah dan buku cerita sejak ia masih berada di sekolah dasar. Beberapa tulisannya yang berupa opini, artikel, feature, resensi, cerpen, dan cerita anak pernah dimuat di Republika, Suara Karya, Bobo, Lampung Post, Koran Jakarta, dan berbagai media online.


Kegiatan Perlombaan ini diselenggarakan dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional tanggal 02 Mei 2021 sampai 30 Mei 2021 dan pengumuman pada hari Rabu 10 Juni 2021 dan diikuti puluhan peserta dari beragam sekolah dan kabupaten di Provinsi Lampung. Kegiatan ini terselenggara oleh dukungan Anggota DPRD Provinsi Lampung Ade Utami Ibnu.


Tujuan dalam perlombaan ini selain melatih menulis anak-anak juga untuk menciptakan kegembiraan terhadap aktifitas membaca dan menulis ujar ade utami ibnu. 


Pada cerpen yang ditulis oleh anak-anak tersebut banyak hal menarik berkaitan dengan tema antara lain peserta dapat melihat, merasakan, dan meresapi makna pandemi; bagaimana peserta harus belajar dan pembelajaran dari rumah, tidak bisa mudik karena pandemi, dan mengisi hari-hari di rumah dengan membaca dan mengajak membaca ujar isbedy setiawan.


Selain itu juga Secara umum, yang menarik dari tulisan peserta adalah kemurnian bercerita dan kesungguhan mereka untuk tetap konsisten terhadap tema.  Usaha ini menghasilkan karya yang utuh, walau tentu saja perlu banyak latihan agar tulisan semakin baik, tajam, hangat, dan menyenangkan.


Salah satu peserta yang bernama Siti Ayza Zainanda berharap kedepan bisa terus ikut kegiatan – kegiatan perlombaan yang dilombakan kak ade. Terima kasih kak ade ujarnya dalam video harapan yang disampaikan ke Ade Utami Ibnu.


Kepada para pemenang diharapkan selanjutnya dapat mengirimkan biodata lengkap kepada panitia karena selanjutnya seluruh hasil cerpen akan dijadikan Kumpulan Buku Cerpen Mobil Baca Ade.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung