Breaking News

ITERA Siapkan GeNose untuk Tes Covid-19 Sivitas Akademika

 


ITERA Siapkan GeNose untuk Tes Covid-19 Sivitas Akademika



Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menyiapkan alat  GeNose C19 untuk melakukan tes Covid-19 bagi para sivitas akademika. Langkah ini juga dilakukan sebagai pendukung persiapan ITERA melaksanakan perkuliahan secara hybrid learning atau percampuran antara tatap muka dan dalam jaringan (daring).


Alat alat tes Covid-19 GeNose C19 yang saat ini ditempatkan di Poliklinik Kesehatan ITERA tersebut merupakan bantuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemdikbud RI, dengan status penggunaan sementara. Saat ini ITERA juga sedang melakukan proses pembelian dua unit alat tes Covid-19 (GeNose). 


Kepala Biro Umum dan Akademik ITERA drh. Sri Sulistiawati, M.M., secara langsung mencoba penggunaan alat tes diagnostik cepat berbasis kecerdasan buatan untuk mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas tersebut, Jumat, 30 April 2021. Dalam kesempatan itu, Sri menyebut GeNose C19 akan digunakan untuk persiapan perkuliahan hybrid ITERA. Sebab, sebelum mengikuti perkuliahan tatap muka yang dilakukan secara terbatas sesuai sistem perkuliahan hybrid, para mahasiswa harus menjalani skrining Covid-19 yang ditetapkan oleh Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) ITERA. 


“Bagi mahasiswa yang memiliki risiko atau gejala Covid-19, maka ITERA akan memfasilitasi tes menggunakan GeNose, untuk lancar dan amannya perkuliahan hybrid,” ujar Sri. 


Selain itu, GeNose C19 juga akan dimanfaatkan oleh ITERA untuk melakukan tes Covid-19 bagi dosen dan tenaga kependidikan, guna mendukung kegiatan akademik dan non akademik di ITERA. Tes yang dilakukan juga tidak akan dikenai biaya. 


Mewakili ITERA, Sri menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Dirjen Dikti melalui, Sekretaris Dirjen Dikti Pristiyanti Nurwardani yang telah memberikan penggunaan sementara GeNose C19 kepada ITERA. “Saat ini kami juga sedang melakukan pemesanan  GeNose,  semoga akan segera kami peroleh, dan dapat dimanfaatkan sebagai penunjang kegiatan kampus di tengah pandemi Covid-19,” ujar Sri. (Red).

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung