Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Rabu, Maret 3

Gebrakan Baru: Kolaborasi Ma’had A-Jami’ah Gelar Muhadharah Kubra Perdana Secara Virtual

 



Gebrakan Baru: Kolaborasi Ma’had A-Jami’ah Gelar Muhadharah Kubra Perdana Secara Virtual


Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung bekerjasama dengan Ma’had Al-Jami’ah UIN Sumatera Utara,  Ma’had Al-Jami’ah IAIN Louksemawe, Ma’had IAIN Padang Sidimpuan, dan Ma’had IAIN Batu Sangkar gelar muhadharah kubra virtual perdana pada minggu (28/2). 


Acara ini diikuti oleh Mudir, Pengurus, dan Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah se-Sumatera yang berkesempatan hadir secara virtual melalui zoom dan live yutube. 


Pandemi covid-19 yang belum juga menemukan titik terang, mendorong para Mudir Ma’had al-Jami’ah se-Sumatera untuk melakukan kolaborasi sebagai gebrakan baru di masa pandemi. Muhadhoroh kubra kali ini mengangkat tema “Paint the Wonderful World with the Greatest Powerful Friendship” (Melukis Dunia Yang Indah dengan Persahabatan Yang Kuat).


Sesuai tema yang diangkat,  Muhadharah kali ini adalah Muhadharah pertama yang diselenggarakan atas kolaborasi antar Ma’had—yang tentu punya nilai plus nya masing-masing. Ahmad Subarkah selaku penanggung jawab acara mengatakan “Nilai plus dari Muhadharah yang diselengarakan antar Ma’had ini memberikan pengalaman lebih bagi kita semua. Tak hanya itu—kita juga bisa menambah relasi, memperkuat persahabat antar Ma’had, menyamakan persepsi dan mengajarkan kita untuk beradaptasi dengan teknologi”. 


Kendatipun Muhadharah Kubra kali ini diadakan secara kolaborasi—namun tidak mengurangi dan merubah inti dari kegiatan Muhadharah. Muhadharah Kubra sendiri bisa diartikan dengan kegiatan yang diadakan satu bulan sekali di Ma’had Al-Jami’ah sebagai fasilitator yang menjembatani mahasantri untuk terus menggali potensi, meningkatkan kreatifitas, dan berlatih tampil di hadapan publik. 


Rangkaian kegiatan Muhadharah ini diisi penuh oleh beberapa penampilan yang tak lain adalah hasil dari kolaborasi antar Ma’had. Dari mulai grand opening, pidato kolaborasi bahasa daerah, pidato kolaborasi bahasa asing, juga penampilan tashliyah yang sangat menarik dan menghibur.


Muhadhoroh kali ini mendapat sambutan hangat dari beberapa Mudir Ma’had Al-Jami’ah yang berkenan hadir dan memberikan komentar pada saat talkshow berlangsung. Saat ditanya mengenai kegiatan Muhadharah, Ust. M. Nur, M.Hum selaku Mudir Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung menyampaikan bahwa beliau sangat terkesan melihat antusias dari pengurus, panitia, dan acara yang digelar. Beliau tidak menyangka Muhadharah bakal semeriah itu. Sebab menurut beliau, sebelumnya Ma’had sempat vakum dan terpuruk dari kegiatan. Namun kali ini mampu membuat gebrakan yang sungguh luar biasa.


Lebih lanjut, Ust Harun Ar-Rasyid selaku Mudir Ma’had Al-Jami’ah UIN Sumatera Utara juga menambahkan, “Mudah-mudahan Friendship antar Mudir dan Mahasantri bisa terealisasi dengan saling berkunjung antar Ma’had pada kondisi yang memungkinkan selanjutnya”.


Acara ini berlangsung kurang lebih 4 jam penuh khidmat. Terlihat dari peserta yang hadir menyimak hingga di penghujung acara. Semoga Muhadharah Kubra kali ini menjadi titik baik untuk terus berinovasi dan berkreasi bagi Mahasantri ke depanya. Meskipun kegiatan Ma’had masih dilaksanakan virtual di rumah masing-masing, semoga Mahasantri bisa terus semangat. Sebab, Pandemi Covid ini telah mengajarkan kita untuk berkreasi dalam kondisi apapun. Meski pandemi, nafas Ma’had tidak boleh berhenti. (Ik)


Artikel Terkait

Comments
0 Comments