Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Mau Investasi? Gabung Dibawah ini

Rabu, Desember 9

Institut Teknologi Sumatera (Itera) Raih Predikat Kampus Baru Paling Berkelanjutan Versi UI GreenMetric

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) meraih predikat The Most Sustainably Improved University in Indonesia atau kampus baru paling berkelanjutan di Indonesia versi UI GreenMetric World University Rankings 2020. Penghargaan tersebut diumumkan oleh Chairperson of UI GreenMetric, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M., dalam acara Pengumuman Peringkat UI GreenMetric Indonesia 2020, Senin, 7 Desember 2020.
Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., IPU. secara virtual menerima penghargaan tersebut. Dalam sambutannya Rektor ITERA menyampaikan terima kasih kepada Tim UI GreenMetric World University Rankings yang telah menganugerahkan predikat kampus baru paling berkelanjutan. Selain meraih pengargaan tersebut, tahun ini ITERA menempati peringkat ke-19 dari 88 kampus di Indonesia dalam pemeringkatan UI GreenMetric Indonesia 2020. Prestasi ini meningkat dari tahun sebelumnya, saat menjadi pendatang pertama ITERA menempati peringkat ke-24.
.
.
“Penghargaan dan peringkat yang meningkat ini merupakan kebanggaan bagi ITERA, sebagai kampus yang baru berusia enam tahun. Ini akan menjadi lecutan semangat bagi kami, untuk terus meningkatkan diri menjadi kampus berwawasan lingkungan dan berkelanjutan,” ujar Rektor.
.
.
Dalam kesempatan tersebut Rektor ITERA juga menyampaikan beberapa upaya yang telah dilakukan ITERA dalam menciptakan kampus berkelanjutan. Diantaranya ITERA telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1Mwp, yang kini menjadi sumber energi listrik ITERA dan mampu memenuhi 80% kebutuhan listrik ITERA.
.
.
“Dengan beroperasinya PLTS tersebut, ITERA menjadi satu-satunya kampus pertama di Indonesia yang mampu melakukan kemandirian energi,” ujar Rektor.
.
.
Selain itu, kampus ITERA juga memiliki Kebun Raya sebagai pusat konservasi flora Sumatera, tujuh embung sebagai lokasi konservasi air, hingga 40% gedung telah dilengkapi dengan instalasi pembuangan air limbah. Tahun 2021, ITERA berencana kembali membangun Pembangit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), sebagai sumber energi terbarukan di kampus.
.
.
“Atas penghargaan yang ITERA terima, kami sampaikan terima kasih atas apresiasi panitia UI GreenMetric. Penghargaan ini menjadi lecutan semangat sekaligus evaluasi bagi kami untuk lebih cepat berlari dan berbuat lebih baik lagi,” ujar Prof. Ofyar.
.
.
Dalam pengumuman Peringkat UI GreenMetric Indonesia 2020 tersebut turut hadir dan memberikan pengantar Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P, Ph.D., Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diwakili Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Ir. Nizam, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., dan Pimpinan Perguruan Tinggi Peserta UI Greenmetric World University Ranking 2020. (*)


Artikel Terkait

Comments
0 Comments