Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Sabtu, September 12

Keren, Mahasiswa Teknik Elektro ITERA Ciptakan Alat Pemanen Energi




Keren, Mahasiswa Teknik Elektro ITERA Ciptakan Alat Pemanen Energi



Tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Institut Teknologi Sumatera (ITERA) berhasil menciptakan alat pemanen energi. Mereka adalah Diki Dirgantara, M. Ian Apriansyah dan M. Irfan Kusuma yang melakukan penelitian tugas akhir di taman alat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG) ITERA. Dalam menciptakan alat pemanen energi ketiga mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing Kiki Kananda, S.T., M.T. dan Swadexi Istiqphara, S.T., M.T.


Tiga mahasiswa Teknik Elektro tersebut menciptakan sebuah alat yang kegunaannya untuk memanen energi listrik secara hybrid yaitu dengan memanfaatkan kecepatan angin, curah hujan dan intensitas matahari secara bersamaan. Alat pemanen energi tersebut mereka beri nama Multi Energy Source Harvesting and Live Oversee on Phonemobile (MESH & LOOP).


“Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan memanen energi yang berasal dari angin, air hujan dan matahari yang kemudian disimpan melalui aki serta dapat dipantau menggunakan aplikasi dalam gawai,” ujar Diki Dirgantara, salah satu mahasiswa pencipta alat, Jumat (11/9/2020).


Hasil penyimpan energi listrik dapat digunakan untuk menyuplai energi listrik berdaya rendah seperti untuk menghidupkan bohlam lampu. Alat tersebut juga dapat bekerja dengan menyesuaikan waktu penggunaannya, seperti ketika beban puncak atau ketika terjadi pemadaman listrik. Alat ini juga dilengkapi dengan automatic transfer switch (ATS) yang diprogram berdasarkan waktu menyala dan ketersediaan jaringan listrik PLN.

Selain itu alat ini juga dilengkapi oleh fitur monitoring terpadu yang dapat dipantau dengan aplikasi dari smart phone sehingga dapat memberikan informasi secara real time, berupa kecepatan angin, intensitas matahari, tegangan dan arus pembangkitan, tegangan dan arus beban, serta tegangan baterai.

Alat pemanen energi karya mahasiswa ITERA tersebut kini menjadi salah satu koleksi alat di Taman Alat UPT MKG ITERA. Selain menjadi lokasi penelitian para mahasiswa, kedepan Taman Alat MKG ITERA direncanakan menjadi lokasi pengembangan penelitian energi baru terbarukan, sehingga dapat menyokong fungsi sebagai pusat riset pengembangan bersama di ITERA. (*)

Loading...

Artikel Terkait

Comments
0 Comments