Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Loker Gink Tech KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Senin, Agustus 17

Naskah Asli Teks Proklamasi Akan Ditampilkan di Istana Merdeka, Anri: arsip ditulis tangan oleh Bung Karno



Naskah asli teks proklamasi akan ditampilkan di Istana Merdeka, Senin (17/8).


Sekretariat Presiden dan Arsip Nasional Republik Indonesia (@arsipnasionalri) melakukan serah terima arsip bersejarah tersebut pada Minggu, (16/8), untuk dapat ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka.


Proses serah terima dilakukan oleh Direktur Preservasi, Deputi Konservasi Arsip ANRI, Kandar, kepada Kepala Biro Umum, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Yudhi Wijayanto, dengan turut disaksikan oleh di antaranya Plt. Kepala ANRI Taufik, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani, dan Plt. Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati.


"Belum pernah arsip ini disajikan atau didisplay ditengah-tengah mimbar bersama Presiden dan seluruh Rakyat Indonesia"Kata Plt Kepala Anri, M.Taufik.


Sementara itu, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani mengatakan akan disimpan di istana merdeka.


"Detik-detik proklamasi besok pagi, dan juga penurunan bendera di sore hari, kemudian pada esok hari 18 Agustus, dikembalikan kembali ke ANRI"Kata Rika.


"Arsip tersebut, ditulis tangan oleh Proklamator Bung Karno, setelah ditulis tangan sebagai konsep tadi, diremet dan dibuang ke sampah, untung hari itu bisa diselamatkan, dan masih utuh dan diserahkan kepada bapak menteri Setneg dan diserahkan ke arsip Nasional"Tuturnya. (Red)

Loading...

Artikel Terkait

Comments
0 Comments