Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Gabung Grup WA Loker KLIK DISINI

Gabung Grup Telegram Loker KLIK DISINI

Selasa, Juni 16

Kemendikbud Berencana Bakal Ubah Masa Studi SMK 4 Tahun



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana bakal mengubah proses lama pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kemendikbud mengkaji rencana perubahan lama pendidikan di  SMK Tak lagi 3 tahun, rencananya SMK bakal lebih lama menjadi 4 tahun, namun nantinya mereka bakal mendapat gelar Diploma 1 atau 2.

“Dalam waktu dekat, kami akan berinovasi dengan mengubah SMK menjadi 4 tahun atau setara dengan diploma 1 atau diploma 2. Terutama untuk program studi tertentu,” kata Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dilansir Antara, Kamis (11/6).

Proses lamanya pendidikan jadi 4 tahun, membuat pelajar memiliki pengalaman lebih dan nantinya akan lebih matang jika memasuki dunia kerja.

Ia menyebutkan, dengan bekal ini diharapkan bisa menambahkan pengalaman baik dalam teori maupun praktik kerja. 

Pelajar SMK saat praktik kerja di industri, namun belum mumpuni, maka bisa tidak diluluskan.

Oleh itu, Kemendikbud berencana segera menyesuaikan kurikulum untuk hal ini. Termasuk menyesuaikan dengan kebutuhan industri, supaya lulusan SMK mampu lebih fleksibel saat bekerja.

Kemendikbud juga meningkatkan kerjasama dengan industri, dan juga meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah. Upaya-upaya ini dilakukan sebagai langkah rebranding SMK. (*)

Loading...

Artikel Terkait

Comments
0 Comments