Breaking News

GEMPABUMI TEKTONIK M2.9 MENGGUNCANG WILAYAH LAMPUNG SELATAN, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI



GEMPABUMI TEKTONIK M2.9 MENGGUNCANG WILAYAH LAMPUNG SELATAN, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI


Hari Kamis, 12 September 2019, pada pukul 15:33:06 WIB, Wilayah LAMPUNG SELATAN dan sekitarnya diguncang gempabumi Tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=2.9 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 5.77 LS - 105.43 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 18 km BaratDaya LAMPUNGSELATAN dengan kedalaman 1 Kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, HENDRO NUGROHO, ST, M.Si mengatakan Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

"Dampak gempabumi berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Lampung Selatan dengan Skala Intensitas I - II MMI.  Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut."Katanya dalam keterangannya, Kamis, (12/9/2019).

Lanjutnya, Hingga laporan ini dibuat pukul 16:32 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

"Pastikan informasi resmi Gempabumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website (http://balai2.bmkg.go.id/)."Ujarnya. (Red)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung