Breaking News

Pangdam Awali Peletakkan Batu Pertama Pembangunan 45.000 Jamban Sehat se Wilayah Kodam I/BB


Pangdam Awali Peletakkan Batu Pertama Pembangunan 45.000 Jamban Sehat se Wilayah Kodam I/BB

Binjai - Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah mengawali peletakkan batu pertama pembangunan 45.000 unit jamban sehat yang secara serentak dilakukan di wilayah Kodam I/BB, Kamis (13/6/2019). Acara peletakkan batu pertama jamban sehat ini dilaksanakan di Desa Tunggurono, Kecamatan Tunggurono, Kota Binjai. 

"Selain dalam rangka HUT ke-69 Kodam I/BB pada 20 Juni 2019 mendatang, pembangunan jamban sehat ini juga sebagai tindak lanjut program TNI terhadap kehidupan masyarakat yang sehat dan maju, dimana Kodam I/BB ditargetkan untuk membangun 45.000 jamban sehat yang dikerjakan di seluruh jajaran yang ada di empat provinsi," ucap Pangdam memberi keterangan kepada media di lokasi pembangunan jamban sehat. 

Dijelaskan Pangdam, pembangunan 45.000 unit jamban sehat ini dilakukan oleh jajaran Kodam I/BB yang tersebar di empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, termasuk hasil kerjasama satuan kewilayahan dengan Pemerintah Daerah, dan CSR dari BUMN/BUMD. 

"Jadi, sampai bulan Juni 2019 ini, sudah ada sekitar 22 ribuan jamban sehat yang selesai dibangun," terang Pangdam.  

Pangdam menjelaskan, pembangunan jamban sehat ini merupakan wujud dari niat TNI, termasuk Kodam I/BB dan jajarannya dalam menghadirkan masyarakat Indonesia yang maju. Karena, salah satu syarat sebagai bangsa yang maju adalah memiliki masyarakat yang sehat dan berpendidikan baik. 

"Dua hal ini harus seiring sejalan, sehingga berdasarkan niat itu tadi, maka kita melakukan pembangunan jamban sehat untuk warga," jelas Pangdam. 

Di kesempatan yang sama, Pangdam berharap hasil pembangunan jamban sehat ini bisa dirawat dengan baik oleh warga masyarakat penerima manfaat. Kemudian, kepada pemerintah daerah juga diharapkan untuk memberikan pembelajaran kepada warga masyarakat tentang pentingnya kehidupan sehat, yang salah satu caranya adalah tidak melakukan BABS (Buang Air Besar Sembarangan). 

"Dengan dibangunnya jamban sehat ini, warga masyarakat diharapkan tidak lagi membuang kotorannya ke sungai atau sembarang tempat. Karena hal itu bisa menimbulkan pencemaran yang dampaknya akan mengundang bibit penyakit," ungkap Pangdam. 

Harapan senada disampaikan Wali Kota Binjai, HM Idaham, SH, MSi yang juga menghadiri acara. Dikatakannya, Pemerintah Kota Binjai yang mewakali warga masyarakatnya, mengucapkan terima kasih kepada Kodam I/BB dan jajarannya atas pembangunan jamban ini. 

"Pembangunan ini (jamban) memberikan pembelajaran kepada kita semua tentang pentingnya arti kesehatan, yakni mengubah perilaku kurang baik dengan tidak membuang kotoran secara sembarangan, sehingga hidup menjadi lebih sehat dan teratur," jelas Idaham. 

Untuk diketahui, seluruh pembangunan 45.000 jamban sehat Kodam I/BB ini dikerjakan oleh Satkowil, dan Satnonkowil serta hasil kerjasama CSR dari BUMN/BUMD yang ada di wilayah Kodam I/BB. 

Untuk Satkowil, yakni wilayah Korem 022/Pantai Timur (Pematangsiantar) dengan empat kodim, pembangunan jamban sehat ditargetkan sebanyak 7.514 unit. Kemudian, untuk Korem 023/Kawal Samudera (Sibolga) dengan enam kodim sebanyak 10.982 unit
, Korem 031/Wira Bima (Pekanbaru) dengan tujuh kodim sebanyak 7.289 unit
, Korem 032/Wirabraja (Padang) dengan 10 kodim sebanyak 10.982 unit
, dan Korem 033/Wira Pratama (Kepri) dengan empat kodim sebanyak 4.046 unit
, serta Kodim 0201/BS Medan sebanyak 578 unit
.
Di sela pembangunan jamban sehat ini, Pangdam I/BB juga menyerahkan tali asih berupa paket sembako kepada 200 warga di sekitar Desa Tunggurono, dan penyerahan bantuan pembangunan Masjid Pancaran Bhakti di Desa Tunggurono berupa 100 kotak keramik, dan 250 sak semen. 

Turut hadir dalam acara, di antaranya, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, SIP, MM, Wakil Bupati Langkat, H Syah Afandin, unsur Forkopimda Kota Binjai, Irdam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB, Asintel Kasdam I/BB, Asops Kasdam I/BB, Aster Kasdam I/BB, Danpomdam I/BB, Wakapendam I/BB, Dandim 0203/Langkat, para Danyon BS, dan tamu serta undangan lainnya. 

Sumber: Pendam I/BB

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung