Breaking News

Catat! Ini Detik-detik Gerhana Bulan Total Super Blood Moon 28 Juli 2018

Ilustrasi | Via liputan6.com
Catat! Ini Detik-detik Gerhana Bulan Total Super Blood Moon 28 Juli 2018 

Sebentar lagi, gerhana bulan total super blood moon akan menghiasi langit. Pada gerhana kali ini merupakan Gerhana bulan total terlama lho di abad ke-21.
.
.
Pada momen yang langka seperti ini, pastinya banyak yang ingin mengabadikannya, nah namun kapan waktunya? Simak baik-baik penjelasan dibawah ini.
.
.
Dikutip @infokyai dari situs BMKG, Jumat (27/7/2018), fase gerhana itu akan dimulai pada pukul 00.13 WIB. Kemudian berlanjut hingga fase gerhana sebagian yang ditandai dengan masuknya piringan bulan memasuki umbra bumi mulai Sabtu (28/7) pukul 01.24 WIB.

Selanjutnya, fase gerhana total akan dimulai pada pukul 02.29 WIB. Setelah fase ini, bagian bulan akan memerah dan mencapai puncak kemerahan pada saat puncak gerhana, yakni pukul 03.21 WIB. "Memerahnya piringan bulan ini terjadi karena adanya cahaya matahari yang dihamburkan oleh atmosfer bumi, untuk kemudian bagian cahaya kemerahannya yang diteruskan hingga sampai ke bulan. Karena itulah, fase totalitas dalam gerhana bulan total akan berwarna kemerahan," tulis BMKG.

Peristiwa memerahnya piringan bulan saat fase totalitas ini bakal berakhir pada pukul 04.13 WIB, yaitu ketika piringan bulan mulai memasuki kembali penumbra bumi. Gerhana sebagian berlangsung selama hampir 4 jam, tepatnya sekitar 3 jam 55 menit.

Sementara itu, durasi totalitas, yaitu dari fase gerhana total mulai hingga gerhana total berakhir, berlangsung selama 1 jam 43 menit. BMKG menyebutkan seluruh fase gerhana bulan itu bisa diamati dengan baik di seluruh wilayah Indonesia.

Mau tau jadwalnya? 


0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung