Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Sabtu, Juni 23

Soto Ayam Ambengan Menu Makanan Sehat dan Mudah Disajikan

Foto foody.id
Soto Ayam Ambengan Menu Makanan Sehat dan Mudah Disajikan

Kuliner, Infokyai.com - Soto merupakan menu makanan berkuah yang lezat saat di konsumsi dalam keadaan masih hangat. Dalam menghidangkan menu ini, kuah dengan mie/soun tidak dimasak dalam satu wadah, melainkan dipisahkan. Hal ini dikarenakan mie/soun cepat sekali mekar atau mengembangkan, oleh karena itu soun tidak dimasak bersama dengan kuah.
Baca Juga : Ini Dia Resep Pepes Jamur Tahu Ternyata Mudah Lho Membuatnya https://goo.gl/mrUxaQ
Selain soun, bahan lain seperti daging ayam, telur, daun bawang serta daun seledri tidak dimasak bersamaan dengan kuah, melainkan di pisah. Caranya yaitu dengan memasukkan bahan-bahan tersebut kedalam mangkuk, baru kemudian tuangkan kuah panas kedalam mangkuk.

Untuk menambah rasa, biasa soto didampingi oleh sambal, kecap manis, bawang goreng serta kerupuk. Bahan-bahan tersebut mampu memberikan rasa yang lebih lezat. 

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membuat soto ayam Ambengan. Untuk membuat soto ini, kita memerlukan bahan dan bumbu sebagai berikut :
Bahan-bahan yang kita perlukan.
- Ayam satu ekor
- Dua barang serai
- Daun jeruk purut 4 lembar
- Air bersih 1,5 L
- Garam secukupnya
- Udang goreng 50 gr, haluskan
- Bawang merah 2 butir, haluskan

Bumbu halus
- Bawang putih 6 butir
- Kunyit 2 cm & Jahe 1 cm
- Setengah lengkuas bubuk
- Merica bubuk dua sendok teh
- Kemiri 5 butir, sangrai

Pelengkapnya :
- 200 gr soun, seduh dengan air mendidih, setelah soun lunak lalu tiriskan
- Daun bawang 3 batang
- Daun seledri 3 batang
- Telur rebus 5 butir, potong-potong membujur.
- Jeruk nipis
- Bawang goreng
- Kecap manis
- Sambal cabe rawit
- Poyah

Bumbu untuk pembuatan sambal
- 15 cabai rawit, garam secukupnya serta bumbu penyedap secukupnya.

Bilamana bahan dan bumbunya telah selesai disiapkan, selanjutnya adalah proses pembuatannya. Dalam membuat soto ayam Ambengan ini, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan yaitu sebagai berikut :

Langkah pertama, rebus ayam bersamaan dengan serai, daun jeruk serta tambahan garam sedikit. Rebus ayam hingga dagingnya lunak. Setelah daging ayam lunak, segera tiriskan dan setelah kering selanjutnya goreng daging ayam hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan, setelah matang angkat lalu suwir-suwir. Letakkan kedalam mangkuk

Langkah kedua, tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum, setelah itu masukkan kedalam kaldu. Selain itu, tumis juga bawang merah halus lalu masukkan udang. Tumis sebentar lalu masukkan kedalam kaldu/kuah. 

Langkah ke tiga, dalam langkah yang ketiga ini, kita akan bahas mengenai cara penyajian soto Ambengan ini. Pertama-tama taruh soun, daging ayam, telur potong-potong kedalam mangkuk. Setelah itu, siram dengan kuah yang panas. Anda juga dapat memberikan perasan jeruk nipis jika anda suka. Untuk membuat rasa yang lebih lezat, tambahkan juga dengan bawang goreng.

Demikianlah cara untuk membuat soto ayam Ambengan. Cara membuat soto yang satu ini memang sedikit lebih mudah karena simple dan tidak banyak menggunakan bahan dan bumbu. Bila anda suka dengan menu yang satu ini, silahkan anda coba dirumah yaa. Good luck (TM)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...