Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Job Fair 13 - 14 Desember 2018 KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Kamis, Juni 14

Perpisahan Dengan Bulan Ramadhan Itu Rasanya


Perpisahan Dengan Bulan Ramadhan Itu Rasanya

Infokyai.com - Tidak terasa sudah kita menjalani Ibadah puasa di bulan Ramadhan. Dan saatnya tiba kita akan berpisah dengan bulan yang penuh barokah, bulan yang penuh rahmat dan ampunan Allah, serta bulan di mana banyak yang dibebaskan dari siksa neraka.
Baca Juga :  Begini Cara Atasi Tenggorokan Kering Selama Puasa https://goo.gl/3GEquz
Pastinya banyak diantara ketika merasakan sedih, karena dimana pada bulan Ramadhan ini, kita dapat mencari banyak pahala, walau hanya tersenyum pun pahala berlimpah telah kita dapatkan, dan apalagi jika berbuat kebaikan kepada oranglain wah lebih luar biasa lagi pahala yang kita dapatkan, atas satu kebaikan yang telah kita perbuat di bulan Ramadhan ini.
.
.
Renungkanlah sejenak, sebab ampunan dosa di bulan Ramadhan sangatlah terbuka luas, Cobalah kita perhatikan dengan seksama, betapa banyak amalan yang di dalamnya terdapat pengampunan dosa. Maka sungguh sangat merugi jika seseorang meninggalkan amalan-amalan tersebut.
.
.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760)

Pengampunan dosa di sini bisa diperoleh jika seseorang menjaga diri dari batasan-batasan Allah dan hal-hal yang semestinya dijaga. (Lihat Latho-if Al Ma’arif, Ibnu Rajab Al Hambali, hal. 372, Daar Ibnu Katsir [Tahqiq: Yasin Muhammad As Sawaas])
Baca Juga :  Tips Agar Tak Mudah Tesulut Emosi Saat Puasa https://goo.gl/QoQy52
Begitu pula pada amalan shalat tarawih, di dalamnya juga terdapat pengampunan dosa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)
.
.
Selain melalui amalan puasa, shalat malam di bulan Ramadhan dan shalat di malam lailatul qadar, juga terdapat amalan untuk mendapatkan ampunan Allah yaitu melalui istighfar. Memohon ampun seperti ini adalah di antara bentuk do’a. Dan do’a orang yang berpuasa adalah do’a yang mustajab (terkabulkan), apalagi ketika berbuka.(Latho-if Al Ma’arif, hal. 378)
.
.
Taqabbalallah minna wa minkum, Semoga Allah menjadikan kita insan yang instiqomah dalam menjalankan ibadah selepas bulan Ramadhan. Aamiin.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...