Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Rabu, Juni 20

Ini Alasan WHO Tetapkan 'Kecanduan Video Game' Gangguan Kesehatan, Simak Baik-baik


Ini Alasan WHO Tetapkan 'Kecanduan Video Game' Gangguan Kesehatan, Simak Baik-baik
Infokyai.com - World Health Organization (WHO) atau dikenal dengan nama Organisasi Kesehatan Dunia baru-baru ini tengah menetapkan kecanduan video game sebagai salah satu bentuk gangguan kesehatan mental. Hal ini dirilis WHO pada Senin (18/6), Terkait Kecanduan video game masuk dalam versi terbaru klasifikasi penyakit.
Baca Juga : Diduga Bikin Ribut di Pantai Mutun, Sejumlah Pemuda Diamankan  https://goo.gl/4zewsK
Seperti dilansir infokyai.com dari cnnindonesia.com, Dalam klasifikasi itu, WHO mendefinisikan kecanduan bermain game ditandai dengan pola perilaku permainan yang berulang, baik online atau offline. Kecanduan bermain itu terlihat dari beberapa manifestasi yakni ketidakmampuan mengontrol permainan, memprioritaskan game dibandingkan kepentingan hidup lain dan melanjutkan permainan walaupun memberikan akibat negatif. "Yang penting adalah bahwa perilaku ini (bermain game) terus berlanjut meskipun ada konsekuensi negatif ini," kata ahli kesehatan mental dan penyalahgunaan zat untuk WHO Vladimir Poznyak, dikutip dari The San Diego Union-Tribunne.

Poznyak menjelaskan seseorang dapat dikualifikasikan mengidap gangguan kesehatan mental kecanduan video game jika kegiatan bermain yang berulang itu merusak kehidupan pribadi, keluarga, sosial, pendidikan, pekerjaan dan berbagai aspek kehidupan lainnya.

WHO menyebut gangguan ini biasanya terbukti setelah 12 bulan. Namun, gejala yang parah dapat menyebabkan diagnosis lebih cepat. Poznyak menuturkan diagnosis itu hanya boleh dilakukan oleh seorang tenaga kesehatan yang profesional.

WHO memasukkan kecanduan game sebagai salah satu bentuk kesehatan mental agar orang-orang dan tenaga kesehatan dapat melakukan upaya pencegahan. 
Baca Juga :  Salut! Lihat Semangat Polri dalam Mengamankan Arus Balik Lebaran https://goo.gl/7p5ker
WHO meminta agar orang yang bermain game selalu memperhatikan jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermain dibandingkan dengan kegiatan lain. Orang-orang juga harus memperhatikan perubahan kesehatan fisik dan psikologis serta fungsi sosial selama bermain.



Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...