Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Minggu, Juni 24

Cara Membuat Asam Padeh dengan Mudah

Via selerasa.com
Cara Membuat Asam Padeh dengan Mudah

Kuliner, Infokyai.com - Asam Padeh merupakan makanan berkuah yang menggunakan bahan dasar ikan, daging, maupun hati. Berbagi olahan masakan Asam Padeh sudah banyak ragamnya dan cara pengolahannya pun berbeda-beda, ada yang memasak dengan cara mencampurkan langsung kasado bumbu dan bahan-bahan lain, kemudian langsung di masak begitu saja. Selain itu, ada juga yang menambah bumbu kemiri, ini biasanya dilakukan supaya kuah pada asam padeh menjadi kental. Cara yang berbeda-beda, tentunya juga memiliki perbedaan rasa, tergantung pada selera kita masing-masing.

Menu ini, yaitu asam padeh memerlukan banyak sekali bahan-bahan. Adapun bahan-bahannya adalah sebagai berikut :
* Lado giliang 1 ons (Kalau suko padeh bisa ditambah, sesuai selera anda)
* Ikan (Patih/tongkol/tuna)
* 2 (dua) ikua, yang masing-masing panjangnya kira-kira 25 cm
* Daun limau 4 helai
* Daun kunik setapak tangan
* Daun salam sehelai
* Asam Kandih 2 buah
* Sipadeh sarueh jari ampuh
* Serai sebatang

Bumbu yang dihaluskan
* Kunik kira-kira 1 cm
* Bawang merah 6 buah
* Bawang putih 2 siung

Untuk membuat asam padeh ini kita harus melakukan beberapa tahap. Setiap tahap-tahapannya harus di perhatikan dengan benar, jika terjadi kesalahan akan mempengaruhi rasa. Tentunya tidak mau bukan? Setiap orang pastinya menginginkan masakan nya banyak di sukai orang, karena itu kita harus memasak dengan sepenuh hati kita, supaya dapat menciptakan menu-menu makanan yang bercita rasa tinggi.

Baiklah langsung saja, tahap-tahap untuk membuat asam padeh adalah sebagai berikut :
Tahap pertama, tumis bumbu halus terlebih dahulu, kemudian lado giliang calo. Masak sebentar dan jangan sampai baunya menyengat padeh lain, selanjutnya masakan spadeh, langkueh dan serai. Tunggu sesaat sampai tercium bau harum.

Tahap kedua, setelah beberapa saat, selanjutnya masak daun limau, daun kunik, daun salam, dan asam kandih. Selanjutnya tambahkan kira-kira 1,5 galeh, masak sampai matang.
Tahap ketiga, masukkan ikan, masak hingga ikan empuk setelah itu tambahkan garam halus secukupnya. Tunggu sesaat dan Padeh Ikan pun telah siap untuk di sajikan.

Catatan : 
1. Ikan yang di gunakan adalah ikan yang berdaging, misalnya : ikan patin, ikan tuna maupun ikan tongkol.
2. Untuk Asam Padeh Daging atau hati, ini tidak menggunakan langkueh dan Sarai. Kedua bahan ini hanya cocok dipakai untuk membuat Padeh Ikan saja.
3. Kalau Asam Padeh ikan, anda bisa menambahkan tempe yang dipotong-potong dengan ukuran sedang. Caranya adalah pada saat ikan setengah matang, baru kemudian masukkan tempenya.

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini, mudah-mudah dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita. Bila anda hendak membuat menu ini, silahkan mencobanya dirumah yaa, semoga berhasil :) (tm)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...