Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Selasa, Mei 29

Ternyata Ini Cara Agar Stamina Tetap Terjaga Saat Bulan Ramadhan, Ini Dia Tipsnya

Ilustrasi | Via FaktualNews.co
Ternyata Ini Cara Agar Stamina Tetap Terjaga Saat Bulan Ramadhan, Ini Dia Tipsnya

Infokyai.com - Selama Bulan Ramadhan, umat muslim wajib menunaikan Ibadah puasa, dan hukumnya wajib bagi yang sehat, dan tak pula banyak yang menjadi kendala selama bulan ramadhan ini, yakni asupan makanan dan minuman yang kurang terjaga, sehingga kadangkali terjangkit penyakit, karena asupanan makanan dan minuman yang tak terjaga tersebut
Baca Juga :  Kenapa Makan dan Minum Terlarang Di Siang Hari Ramadhan https://goo.gl/8FqUuT
Nahkan aktivitas olaharga pun jadi tak rutin.  Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan pola makan dan pola tidur agar bisa menjalani puasa dengan baik.  Berikut ini tips - tipsnya, dilansir infokyai.com dari FaktualNews.co, yakni sebagai berikut :

Jaga Asupan Makanan
Menjaga asupan makanan harus Anda lakukan agar pasokan energi dalam tubuh tetap tersedia, sehingga puasa tidak akan mengganggu aktivitas anda.

Sahur adalah hal yang harus anda lakukan setiap hari sebelum menjalankan puasa. Ketika waktu berbuka telah tiba, disarankan untuk langsung membatalkan puasa dan mengkonsumsi makanan sehat yang sudah disediakan.

Sahur dan buka memiliki fungsi penting dibulan Ramadhan. Yang mana sahur berfungsi untuk menyediakan energi selama puasa. Sedangkan buka puasa berfungsi untuk mengembalikan energi yang telah hilang selama menjalankan puasa seharian.
Baca Juga :   Hukum Buka Warung di Siang Ramadhan https://goo.gl/pFS1DE
Pada saat sahur Anda harus menerapkan pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi makanan seimbang. Menu makanan yang harus anda santap yaitu makanan seimbang dan lengkap, serta tidak berlebihan. Makanan lengkap yang dimaksud yaitu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, buah dan sayur, daging ayam, susu dan produk olahan susu lainnya, serta produk makanan yang mengandung gula dan lemak tidak berlebih.

Ketika sahur dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna oleh sistem pencernaan. Makanan yang lambat dicerna yaitu makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks. Makanan yang kaya akan serat akan lembat ketika dicerna, sehinngga Anda tidak akan mudah lapar. Sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat akan membantu tubuh melepaskan energi dengan lambat.

Cukupi juga kebutuhan cairan, minumlah air putih sesuai yang telah di anjurkan yaitu 8 sampai 10 gelas mulai dari buka hingga sahur.

Lakukan kegiatan fisik atau olahraga

Ketika puasa biasanya banyak orang mengurangi aktivitas fisik dan menghindari melakukan olahraga. Tetapi olahraga tetap harus dilakukan meskipun sedang menjalankan puasa karena akan membantu tubuh tetap fit, stamina akan tetap terjaga, memperlancar proses metabolisme tubuh dan menjaga fungsi sistem tubuh.

Menjalankan olahraga pada saat puasa akan membuat tubuh mengalami dehidrasi atau kekeringan karena tubuh akan kehilangan banyak cairan melalui keringat atau urine.

Agar olahraga yang dilakukan saat puasa tetap memberikan manfaat untuk tubuh, maka anda harus memilih olahraga yang ringan. Anda juga bisa melakukan olahraga ketika sore hari menjelang waktunya berbuka. Ketika tubuh membutuhkan cairan anda bisa memenuhinya saat berbuka. Olahraga ringan yang bisa anda lakukan saat puasa yaitu yoga atau jalan kaki. Bahkan anda bisa bersepeda keliling komplek sambil menunggu waktunya buka, seperti dikutip dari bidanku.com, 
Baca Juga :  Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Puasa https://goo.gl/rDu8bp
Puasa jangan dijadikan sebagai alasan terhambatnya aktivitas sehari hari. Jika asupan makanan dan minuman yang anda konsumsi sehat, serta dibarengi dengan aktivitas fisik, maka stamina anda selama bulan puasa akan tetap terjaga. (*)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...