Breaking News

Ternyata 7 Kebiasaan Ini Tak Sehat Bila Terus Dijalankan Saat Puasa

Ilustrasi makanan junk food(Hill Street Studios)
Ternyata 7 Kebiasaan Ini Tak Sehat Bila Terus Dijalankan Saat Puasa

Infokyai.com - Puasa adalah satu hal yang dilakukan oleh umat muslim pada waktu - waktu tertentu, seperti puasa Ramadhan, Senin dan Kamis, Daud, Rajab, dan lain sebagainya. namun saja apakah kalian pernah melakukan kebiasaan yang seharusnya tidak dilakukan saat puasa ? apakah kalian sudah tau ? jika belum tau simak penjelasannnya dibawah ini. 
Baca Juga : Ternyata Ini Cara Agar Stamina Tetap Terjaga Saat Bulan Ramadhan, Ini Dia Tipsnya https://goo.gl/sxTqVP
Ternyata ini 7 kebiasaan yang tak sehat yang bila anda terus jalankan saat puasa malah akan berdampak tidak baik untuk tubuh anda, dilansir infokyai.com dari Kompas.com yakni : 

1. Buka dan sahur dengan junk food 
Mengisi perut saat bulan puasa, terutama saat sahur dan berbuka, memang diharuskan. Namun, banyak orang yang mengisinya dengan sirup tinggi fruktosa, MSG (untuk penyedap rasa), natrium berlebih, dan minyak yang dapat menyumbat jantung. Walau sedang terburu-buru, banyak pilihan yang sehat dan halal, yang tentunya sangat baik untuk berbuka puasa. Namun, kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah buka puasa bersama di restoran junk food. Makanan junk food, seperti keripik, mie instan, dan makanan lainnya yang kurang bernutrisi tidak boleh digunakan sebagai asupan makanan. Kita tidak akan memiliki energi yang cukup selama puasa, karena apa yang dimakan tidak menghasilkan apapun untuk tubuh. Sebaliknya, ketika memakan makanan yang cukup nutrisi, kita akan merasa lebih kenyang, sehingga tidak harus makan dengan porsi yang besar. Baca juga: Ingin Berhenti Makan ?Junk Food?? Anda Harus Tidur 

2. Berbuka dengan makanan berminyak dan mengandung banyak gula 
Makanan yang digoreng mengandung minyak yang tinggi sehingga akan sulit dicerna oleh tubuh, terutama ketika kita memakan makanan tersebut saat pertama berbuka puasa. Gunakan pemanis alami seperti madu atau gula dari tebu atau makanlah buah-buahan untuk pengganti makanan atau minuman manis. Makanan atau minuman manis akan lebih cepat dicerna, dan hal itu akan membuat lebih cepat merasa lapar. Baca juga: Haruskah Buka Puasa Dengan Makanan Manis? 

3. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat saat sahur 
Karbohidrat akan berubah menjadi gula dan akan bereaksi pada tubuh setelah kita selesai makan. Mengandalkan makanan karbohidrat olahan untuk energi, terutama saat sahur, dapat menyebabkan lonjakan insulin dan kenaikan berat badan, terutama di sekitar hulu hati. Dr. Ravi Arora, spesialis diabetologis di RS. NMC Abu Dhabi, mengatakan bahwa puasa berkepanjangan dapat menyebabkan keasaman pada lambung. Kondisi tersebut dapat diperburuk dengan mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat saat berbuka, sehingga akan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut dan juga gastritis. Mengandalkan terlalu banyak karbohidrat saat sahur juga akan menyebabkan kita menginginkan lebih banyak gula dan juga meningkatkan rasa lapar di sore hari sebelum waktunya berbuka. Jika makan karbohidrat, akan sangat baik untuk mengimbanginya dengan makanan kaya akan protein. Mengandalkan protein seperti ayam, ikan, udang, daging, dan keju akan membantu menjaga perbandingan otot dan lemak dalam tubuh tetap sehat pada akhir bulan Ramadan, sehingga dapat makan dengan nyaman saat Lebaran. Baca juga: Berapa Batas Asupan Karbohidrat Ideal Per Hari? 

4. Minum minuman berkafein saat sahur dan buka 
Minum teh atau kopi saat sahur akan mengakibatkan hilangnya air (dehidrasi) dan akan cepat menimbulkan rasa lapar. Kafein yang terkandung dalam teh dan kopi dapat menyebabkan sakit kepala. Orang yang berpuasa harus mengisi tubuhnya dengan air putih saat sahur maupun ketika berbuka untuk mengurangi dehidrasi. Namun, terlalu banyak minum air juga tidak baik, karena akan mencairkan asam lambung, menyebabkan kembung dan mengganggu pencernaan. Baca juga: Minum Banyak Kopi Bisa Bikin Tubuh Dehidrasi?

5. Langsung tidur setelah sahur 
Langsung tidur setelah makan besar akan menyebabkan berbagai masalah pencernaan, karena tubuh harus bekerja keras mencerna makanan di saat berada dalam mode istirahat. Bahkan sekadar berbaring di atas kasur atau sofa setelah makan saja bisa memicu gejala maag. Maag disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan, yang kemudian naik ke dada, bahkan ke tenggorokan. Kondisi kesehatan lain, yaitu gastroesophageal reflux disease (GERD) atau yang sering dikenal dengan sebutan gangguan asam lambung, terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tidak tertutup sepenuhnya. Ini membuat asam lambung dari perut naik ke tenggorokan. Berbaring langsung setelah makan dapat membuat asam lambung semakin parah. 

6. Melewatkan sahur 
Rashi Chowdhary, ahli gizi, mengatakan bahwa terlepas dari hal-hal yang harus dihindari saat puasa seperti makan gorengan, terlalu banyak gula serta kafein berlebihan, ada satu kebiasaan negatif yang akan sangat memengaruhi tubuh seperti melewatkan waktu sahur. Bangun untuk sahur dan makan yang cukup akan memberi tubuh energi hingga tengah hari. Melewatkan sahur juga dapat menyebabkan dehidrasi, bau mulut, dan masalah pencernaan. Makanan yang masuk saat sahur akan membantu tubuh mendapatkan nutrisi selama beberapa jam ke depan. Baca juga: Sebaiknya Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur 

7. Makan terlalu banyak saat berbuka 
Rumah sakit Burjeel di Abu Dhabi menampung sebanyak 50 pasien per hari pada bulan Ramadan, yang rata-rata memiliki gejala diare, muntah-muntah, nyeri perut akut, dan radang perut. Dr. Magdi Mohamed, spesialis pengobatan darurat di RS. Burjeel menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan oleh makan berlebihan saat berbuka puasa, terutama yang kaya akan karbohidrat. Ia mengatakan bahwa ketika saatnya berbuka puasa, kita harus memperlakukan perut dengan hati-hati, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan kecil seperti kurma sebanyak 2-3 buah, beserta segelas air putih.
Baca Juga :  Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Haid Saat Bulan Ramadan https://goo.gl/erusFJ

Demikianlah informasi terkait tentang "Ternyata 7 Kebiasaan Ini Tak Sehat Bila Terus Dijalankan Saat Puasa" semoga bermanfaat. (*)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung