Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Jumat, Juni 29

Apakah Penyebab Munculnya Rematik?

Ilustrasi Keram | Foto Ist
Apakah Penyebab Munculnya Rematik?

Infokyai.com - Rematik atau rheumatoid arthritis adalah gangguan inflamasi kronis yang tidak hanya dapat mempengaruhi sendi. Rematik pada beberapa orang dapat merusak berbagai macam organ yang ada di tubuh seperti kulit, mata, paru-paru, jantung, dan pembuluh darah. Rematik itu terjadi karena sistem imun tubuh menyerang jaringan tubuhnya sendiri. Sehingga rematik akan sangat mempengaruhi lapisan sendi karena menyebabkan pembengkakan dan nyeri. Bahkan yang paling parah, rematik itu dapat menyebabkan cacat fisik.

Baca Juga :
Bahaya Ceker Ayam Bagi Kesehatan https://goo.gl/m7NPfR
Mengobati Infeksi Saluran Kencing https://goo.gl/y3Caa3
Manfaat Buah Seri Beserta Daunnya Bagi Kesehatan https://goo.gl/WnZX7o

Tanda dan gejala terjadinya rematik seperti: bagian sendi yang meradang sehingga sendi menjadi lemah dan bengkak, kekakuan pada sendi umumnya terjadi di pagi hari atau setelah melakukan aktifitas, menjadi mudah lelah, dan bahkan dapat terjadi penurunan berat badan.

Penyebab terjadinya rematik karena sistem kekebalan tubuh menyerang synovium (lapisan membran yang mengelilingi sendi). Sehingga terjadi peradangan yang menyebabkan sinovium mengental dan menghancurkan tulang rawan serta tulang dalam sendi. Kemudian tendon dan ligament yang menopang sendi akan melemah dan meregang sehingga bertahap sendi akan kehilangan bentuk dan kesejajarannya.

Terdapat kebebasan dalam kesehatan
“Dalam kesehatan terdapat kebebasan. Kesehatan adalah hal paling pertama dalam semua kebebasan.” – Henri Frederic Amiel

Fakta-fakta dari rematik antara lain: rematik dapat menyerang siapa saja akan tetapi biasanya akan dialami oleh orang dengan usia antara 40-70 tahun, rematik dapat mengancam kesehatan terutama kecacatan fisik jika terapi rematik tidak dilakukan, rematik dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan lainnya seperti penyakit kardiovaskular, infeksi dan penyakit paru-paru. 

Lalu apa saja yang dapat dilakukan seseorang penderita rematik untuk mengurangi rasa sakit yang diderita? 
•Berolahraga secara teratur. Sebab olahraga ringan seperti berjalan dapat membantu memperkuat otot di sekitar sendi dan dapat membantu melawan kelelahan. 
•Mengompres rematik yang sakit dengan kompresan panas atau dingin. Kompres panas dapat membantu meringankan rasa sakit dan merilekskan otot yang tegang. Sedangkan kompres dingin dapat meredakan sensasi nyeri, memberikan efek mati rasa sesaat, dan mengurangi kejang otot.
•Jangan memikirkan sesuatu yang dapat meningkatkan stress.

Baca Juga :
Mengenali Gejala Penyakit Difteri https://goo.gl/KVPhKc
Obat Tradisional Untuk Penyakit Difteri https://goo.gl/WjMi1Z
Khasiat Buah Belimbing https://goo.gl/4bEmn9
Obat Tradisional Mengobati Penyakit Campak https://goo.gl/D2mFsS
Obat Tradisional Bronkhitis dan Cara Pijat Urutnya  https://goo.gl/yyGQLv

Demikianlah artikel mengenai “Apakah Penyebab Munculnya Rematik?” Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Sekian dan Terimakasih. (red/fa)


Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...