Breaking News

Daftar Jurusan di UNISSULA Semarang Beserta Akreditasinya

Foto Ist
Daftar Jurusan di UNISSULA Semarang Beserta Akreditasinya

Edukasi, Infokyai.com - Universitas Islam Sultan Agung atau Unissula didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) pada tanggal 16 Dzulhijjah 1381 H yang bertepatan dengan tanggal 20 Mei 1962 M.  Nama Sultan Agung diambil dari nama Sultan Agung yang merupakan salah satu pahlawan nasional yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia. Sultan Agung mempunyai nama lengkap Adi Prabu Hanyokrokusumo yang lahir di Kotagede, Kesultanan Mataram pada tahun 1593. Sultan Agung merupakan sultan ketiga Kesultanan Mataram yang memerintah pada tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Kesultanan Mataram berkembang menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada masanya.

Pemilihan nama Sultan Agung sebagai nama universitas juga tak lepas dari berbagai pemikiran antara lain ia merupakan pemimpin besar yang sangat mencintai bangsa dan negaranya serta sangat gigih melawan berbagai penjajahan. Sultan Agung merupakan seorang raja yang religius dan berkarakter unggul yang mampu mengimplementasikan kehidupan beragama melalui akulturasi budaya yang bisa diterima oleh masyarakat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika jasa-jasa beliau sebagai pejuang dan budayawan mengantarkan nama besar Sultan Agung ditetapkan sebagai pahlawan nasional Indonesia berdasarkan S.K. Presiden No. 106/TK/1975 tanggal 3 November 1975.

Dasar pemikiran tersebut menjadi sebuah hal yang logis menjadikan nama Sultan Agung sebagai nama universitas dan melalui nama tersebut diharapkan akan terus mengobarkan semangat perjuangan membangun bangsa melalui dunia pendidikan dengan nilai-nilai keislaman.

UNISSULA Semarang merupakan salah satu Universitas Swasta yang masuk dalam daftar Universitas Favorit di Kota Semarang Jawa Tengah yang mengajarkan nilai-nilai agama Islam . Universitas Sultan Agung Semarang (UNISSULA) sendiri sudah berdiri sejak 20 Mei 1962 M atau pada tanggal 16 Dzulhijjah 1381 H, oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA), yang pada mulanya membuka Tiga fakultas yang diantaranya Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Pasti Alam. Hingga akhirnya sampai sekarang ini Unissula telah berkembang menjadi universitas swasta favorit yang ada di jawa tengah dengan 12 fakultas dan 27 program sarjana (S1) dan 5 program pascasarjana (S2) serta Diploma 3 (D3).

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang berbentuk Universitas, UNISSULA (Universitas Sultan Agung Semarang) terkenal dengan program studi / jurusan kedoketerannya UNISULLA juga mempunyai Jurusan lain yang ndak kalah dengan Universitas swasta lain. Maka dari itu penulis akan merangkum daftar jurusan di unissula semarang dan akreditasinya yang InsyAllah diulas secara lengkap baik itu program studi / jurusan di unissula semarang untuk jenjang Diploma (D3), Sarjana (S1), ataupun Pascasarjana (S2).

Daftar Jurusan di UNISSULA Semarang dan Akreditasnya
Berikut ini daftar lengkap program studi / jurusan di UNISSULA Semarang untuk berbagai jenjang pendidikan (D3, S1, dan S2) di sertai juga status akreditasinya.

No. FAKULTAS PROGRAM STUDI JENJANG AKREDITASI
1 Kedokteran Umum Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter S1 dan  PPD A
Farmasi S1 C
Kebidanan D3 B
2 Teknik Teknik Sipil S1 A
Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) S1 B
3 Hukum Ilmu Hukum S1 A
4 Ekonomi Manajemen S1 A
Akuntansi S1 A
Akuntansi D3 B
5 Agama Islam Syari’ah ( Ahwal Syakhshiyah ) S1 B
Tarbiyah ( Pendidikan Agama Islam ) S1 A
Sejarah dan Kebudayaan Islam S1 B
6 Teknologi Industri Teknik Elektro S1 B
Teknik Industri S1 B
Teknik Informatika S1 C
Teknik Komputer D3 B
7 Psikologi Psikologi S1 B
8 Ilmu Keperawatan Ilmu Keperawatan S1 dan  Ners C
Keperawatan D3 C
9 Bahasa Sastra Inggris S1 B
Pendidikan Bahasa Inggris S1 C
10 Ilmu  Komunikasi Ilmu Komunikasi S1 C
11 Kedokteran Gigi Pendidikan Dokter Gigi S1 dan  PPD C
12 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 B
Pendidikan Matematika S1 C
Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 C
13 Program Pasca Sarjana   Magister Teknik Sipil S2 B
Magister Ilmu Hukum S2 A
Magister Manajemen S2 A
Magister Teknik Elektro S2
C
Magister Pendidikan Islam S2 B
Magister Biomedik S2 C
14 Program Doktor Doktor Ilmu Hukum S3 B


Demikianlah informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang "Daftar Jurusan di UNISSULA Semarang Beserta Akreditasinya" semoga bermanfaat. (Red/mp)

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung