Breaking News

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Mau Tau ?

Foto wocoan.com
Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Mau Tau ?

Kesehatan, Infokyai.com - Temulawak yang mirip dengan kunyit ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan yang ada didalamnya. Temulawak termasuk kedalam tanaman temu-temuan, yaitu tanaman yang berbentuk akar dan rimpang (batang di bawah tanah) yang digunakan untuk membuat obat tradisional. Temulawak hidup didaerah yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter sampai dengan 750 meter diatas permukaan laut.
Baca Juga : Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan https://goo.gl/TZy4SY
Manfaat temulawak sebagai tanaman herbal banyak memiliki segudang manfaat, kita pun harus jeli untuk membedakan antara temulawak dan kunyit karema mereka memiliki bentuk yang sama, namu kalau temulawak lebih memiliki ukuran yang besar ketimbang kunyit.

Disini saya akan memberikan beberapa manfaat dari temulawak yang akan menjadikan tubuh kita selalu sehat. Berikut manfaat deri temulawak:

1. Mengobati Sakit Ginjal
Temulawak dapat  bermanfaat untuk mengobati ginjal, caranya pun cukup mudah hanya dengan mencuci bersih temulawak lalu dikupas, lalu rebuslah temulawak dengan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran. Rebus sampai airnya tersisa setengah. Dan rebusan ini dapat diminum sebanyak tiga kali sehari secara rutin untuk menyembuhkan penyakit ginjal.
Baca Juga : Manfaat Jamu Untuk Kesehatan Tubuh https://goo.gl/TxxkJd
2. Mencegah Kanker
Temulawak mengandung curcumin yang dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat dan berpotensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon lainnya. Temulawak juga dapat bekerja untuk menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memasok pertumbuhan kanker dan merupakan efek pencegahan yang mungkin berasal dari aktivitas antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

3. Mengurangi Radang Sendi
Kandungan kurkumin dalam temulawak sama dengan 100 mg fenibutazon yang dapat mengurangi radang sendi dan nyeri. Proses kerjanya, awalnya dengan melakukan penghambatan perpindahan sel-sel leuksit kepada daerah radang atau dangan penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prostagladin. 
Baca Juga :  Obat Tradisional Mengobati Bisul https://goo.gl/LQ65x6
4. Memelihara Fungsi Hati
Temulawak mengandung Katagoga didalamnya yang memiliki khasiat menjaga kesehatan fungsi hati. Katagoga memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kantung empedu. Pada Temulawak, terdapat beberapa hasil enzim, yang berguna untuk menurunkan kadar SGOT dan SGPT dalam dosis 15-30 mg kurkumin.

5. Masalah Pencernaan
Khasiat temulawak memberikan dukungan terhadap berbagai masalah pencernaan termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas dan dispepsia seperti manfaat kunyit. 

6. Meyembuhan Hepatitis
Temulawak dapat menyembuhkan penyakit hepatitis, cara nya pun cukup mudah hanya dengan menyiapkan 2 jari temulawak, lalu cuci dan kupas sampai bersih, lalu Iris dan rebuslah dengan setengah liter air dan tambahkan sedikit gula aren. Rebus hingga airnya tinggal setengah. Minumlah ramuan ini dua kali sehari secara rutin dengan begitu penyakit hepatitis dapat disembuhkan.

7.Membantu Menurunkan Lemak Darah
Pada temulawak, terdapat beberapa manfaat, seperti menghasilkan fraksi kurkuminoid yang merupakan ekstrak temulawak, untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total dan memberikan peningkatan pada kadar kolesterol HDL Zat kurkumaid diduga berperan untuk menurunkan lemak darah, yang tentu saja berdampak baik pada kesehatan jantung dan berdampak baik sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

8. Menyembuhkan Bisul
Temulawak juga dapat menyembuhkan bisul, cara nya pun cukup mudah hanya dengan membersihkan temulawak dengan dicuci sampai bersih, lalu dikupas. Rebus temulawak dengan 2 gelas air dan sedikit gula aren. Rebuh hingga airnya setengah lalu angkat. Tambahkan seibu jari asam jawa. Tunggu agak dingin, kemudian disaring dan diminum sekaligus secara rutin setiap harinya. 
Baca Juga :  Bahaya Tidur Malam Bagi Kesehatan https://goo.gl/rp4C5R
Demikianlah informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang "Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Mau Tau ?" semoga dapat bermanfaat, dan bisa menjadi bahan referensi dalam kehidupan. (Red)


0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung