Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Kamis, Desember 28

Seruit Makanan Khas Lampung, Yuk Coba !

Foto http://liputanbengkulu.com
Seruit Makanan Khas Lampung, Yuk Coba !

Infokyai.com - Diindonesia memang terkenal dengan berbagai macam jenis makanannya. Dari sabang sampai merauke pasti nya mempunyai makanan khasnya tersendiri dan juga memiliki cita rasa yang berbeda beda. Misalkan dari Jawa terkenal dengan makanan yang manis, dari Aceh terkenal dengan makanan yang menggunakan banyak rempah, Padang terkenal dengan makanan yang memakai santan dan masih banyak lagi.

Kali ini saya akan membahas tentang makanan khas daerah lampung. Ada yang tau apakah makanan khas daerah lampung?,ya seruit. Seruit atau yang sering disebut seruwit merupakan makanan khas Lampung yang menggunakan ikan dan tempoyak atau mangga sebagai bahan utamanya. Seruit ini makanan yang mudah dibuat karena bahan-bahan pembuatannya juga mudah ditemui didapur atau pun dipasar, memiliki cita rasa yang pedas dan sedikit asama karena sambalnya juga tempoyak atau mangganya. Seruit juga enak disantap menggunakan nasi putih yang panas. 

DiLampung mempunyai tardisi adat yang dinamakan nyeruit yaitu makan bersama-sama antara keluarga atau pun tetangga ini dilakukan untuk menjalin tali silaturrahmi antara keluarga maupun tetangga, makanan seruit pastinya harus ada 
didalam tradisi tersebut. Tradisi ini masih ada diLampung karena masyarakat Lampung yang senang untuk berkumpul. 

Jangan khawatir pada kalian yang tidak tinggal diLampung dan yang ingin menikamati atau mencoba seruit kita juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Membuat seruit tidak lah susah, apabila sudah ada semua bahan untuk membuat seruit pastinya mudah untuk membuatnya. Disini saya akan memberikan bagaimana sih cara atau pun bahan-bahan untuk membuat seruit yang tidak lain makanan khas dari daerah Lampung. Bahan-bahan dan cara untuk membuat seruit adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan untuk membuat seruit:
500 gram ikan tongkol (bisa diganti sesuai selera kita)
 1 sendok makan perasan jeruk nipis
 1 sendok teh garam (bisa yang halus atau pun yang kasar)
 2 siung bawang putih (dihaluskan)
150 gram mangga kweni (dipoton tipis memanjang dan bisa juga diganti dengan. tempoyak atau buah durian yang sudah difermentasi)
1 buah tomat (potong tipis memanjang)
50 ml air panas

Bumbu yang dihaluskan uuntuk membuat seruit:
6 butir bawang merah
4 buah cabai merah
1/2 sendok teh terasi (digoreng)
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
Haluskan sampai rata semua bahan yang ada diatas bisa menggunakan blender atau bisa juga dengan menggunakan cara tradisional yaitu dengan diulek menggunakan ulekan yang terbuat dari batu kali itu dan lalu sisihkan. 
Cara membuat seruit:

 • Pertama-tama yang harus dilakukan adalah membersihakn ikan tonggkolnya, dengan melumuri ikan nya dengan perasan jeruk nipis, garam dan juga bawang putih yang sudah dihaluskan, diamkan ikan tersebut kurang lebih selama 20 menit.
• Kemudian bakar ikan tonggkol menggunakan api yang kecil supaya ikan nya tidak
  gosong dan juga matang sampai bagian dalam nya, bakar ikanya sampai matang.
• Setelah ikan tonggkol nya matang angkat lalu suwir-suwir danging nya dan juga tidak
  lupa unutuk membersihkan nya dari duri. 
• Campurkan potongan mangga kweni tadi (bisa juga menggunakan tempoyak) dengan
  tomat dan suwiran-suwiran ikan tongkol yang sudah dibakar tadi, lalu aduk hingga rata.
• Campurkan bumbu halus yang sudah dibuat dengan menggunakan air panas,
  aduk-aduk hingga rata.
• Kemudian campur atau siramkan bumbu yang sudah dicampur dengan air hangat tadi
  dengan suwiran-suwiran ikan tongkol.
• Aduk hingga rata dan seruit pun siap untuk disajikan dan dinikmati.

Cukup mudah bukan membuat seruit dan juga pastinya bahan-bahan untuk membuat nya mudah untuk ditemui. Seruit ini sangatlah nikmat dimakan apabila menggunakan nasi panas dan juga dimakan secara bersama-sama dengan keluarga atau pun tetangga. 

Demikianlah informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang Seruit Makanan Khas Lampung, Yuk Coba !" semoga bermanfaat, dan jangan lupa share n like yai. (Red/DR/MP)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...