Breaking News

Amalan Sunnah Yang Baik Dikerjakan Sebelum Sholat Idul Adha


Amalan Sunnah Yang Baik Dikerjakan Sebelum Sholat Idul Adha

Tentang Islam, Infokyai.com - Assalamualaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini infokyai akan mengulas mengenai sholat idul Adl-ha. Nah, kenapa kita akan mengulas mengenai sholat idul Adl-ha? pasti tentunya kami ingin saling berbagi info mengenai sholat idul Adl-ha kepada sahabat infokyai semua. 

Setelah sahabat infokyai tahu apa itu sholat idul Adl-ha dan tahu mengenai tata cara melaksanakannya, insya Allah nanti pada waktu pelaksanaanya sahabat Infokyai akan lebih mudah untuk melaksanakannya. Berbicara mengenai hari raya idul Adl-ha pasti tidak asing lagi bukan di telinga para sahabat infokyai? "Yusp, benar banget!". Itu mungkin jawaban dari sebagian sahabat Infokyai dan yang sebagian lagi Anda yang tahu sendiri. 

Hari demi hari berlalu, tak terasa kita semua akan menyambut datangnya hari raya idul Adl-ha. Semoga kita semua nantinya masih bisa untuk melaksanakan sholat berjama'ah idul Adl-ha bersama orang-orang yang kita cintai yaitu bersama keluarga. Amin.

Penulis jadi sedih, bila berbicara keluarga. Mungkin Anda juga mengalami dan merasakan betapa sedihnya bila jauh dari keluarga, apa lagi nanti tidak bisa kumpul bareng sama keluarga untuk melaksanakan sholat idul Adl-ha. Emmm, rasanya anda bisa bayangkan masing - masing.

Semoga Allah menjadikan kita semua hamba-hamba-NYA yang selalu SABAR dalam setiap melewati ujian-NYA. Selanjutnya kita akan membahas mengenai "Sunnah Yang Baik Dikerjakan Sebelum Sholat Idul Adha".  Berikut ini amalan sunnah yang baik dilaksanakan pada hari raya Idul Adha, yakni sebagai berikut:
  • Pertama, mandi terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat Idul Adha untuk membersihkan diri dari najis besar.
  • Kedua, berwudhu terlebih dahulu untuk menghilangkan najis kecil.
  • Ketiga, berpakaian yang rapi dan pastikan pakaian anda bersih dari najis dan berikan wewangian (non alcohol), Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits, Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata: "Rasulullah SAW menyuruh kami agar memakai pakaian terbaik dan wewangian terbaik yang kamu miliki pada dua hari raya." (HR. Al-Hakim).
  • Keempat, di sunnahkan untuk menunda makan, dan makan setelah sholat idul Adl-ha.
  • Kelima adalah mengumandangkan takbir, yang mana dilakukan sejak waktu fajar pada hari arafah atau tanggal 9 Dzulhijjah hingga akhir hari tasyrik tanggal 13 Dzulhijjah.
  • Keenam, membawa uang secukupnya (bila ada) untuk menginfakkan sebagian harta kita dikotak amal yang telah tersedia di masjid. Semoga apa yang telah kita berikan, Allah SWT membalasnya dengan berlipat ganda. Aamiin.
  • Ketujuh adalah pergi dan pulang mengambil jalan yang berbeda. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits disampaikan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘Id, beliau lewat jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang.“ (HR. Al Bukhari).
Setelah itu semua selesai, alangkah baiknya berangkat menuju masjid bersama keluarga Anda tercinta, jika anda sendiri anda bisa berangkat bersama sahabat atau tetangga tercinta. Ketika sesampai nya di masjid ada hal-hal yang perlu untuk dilakukan di antaranya setelah sampai dimasjid alangkah baiknya Anda melaksanakan sholat tahiyatul masjid terlebih dahulu, dan perlu diingatkan jika anda berangkat dan pulang disunnahkan untuk mengambil jalan yang berbeda .(FMP/TM)

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung