Breaking News

Panduan Pelaksanaan Sholat Idul Adha Yang Perlu Kamu Tau!



Panduan Pelaksanaan Sholat Idul Adha Yang Perlu Kamu Tau!

Tentang Islam, Infokyai.com - Assalamu'alaikum wr wb, Idul Adha atau dalam bahasa Arabnya adalah عيد الأضحى yang berarti hari raya Islam. Pada Hari Idul Adha adalah hari peringatan peristiwa Kurban, yaitu Ketika Nabi Ibrahim (Abraham), yang rela menyembelih anaknya yaitu Ismail untuk dikorbankan kepada Allah swt, kemudian pada saat hari H sudah siap Ismail pun sudah siap untuk disembelih oleh ayahnya yaitu Ibrahim dan akhirnya pada waktu pensembelihan tersebut Allah swt menggantikan Ismail dengan domba.

Baca Juga: Sunah Yang Baik Dikerjakan Sebelum Sholat Idul Adha cek https://goo.gl/d18zfx

Sholat idul adha dikerjakan dengan cara berjamaah. Alangkah baiknya lokasi bertempatkan  di tanah lapang, kecuali jika ada udzur. Walaupun terdapat masjid nabawi yang pahala sholat di dalamnya dilipatgandakan menjadi 1.000 kali lipat, Rasulullah biasa mengerjakan sholat ‘id di tanah lapang sebagaimana hadits dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى

Artinya:
“Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar pada hari raya ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha menuju tanah lapang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dimomen Idul Adha ini, banyak-banyak membaca takbir sebagaimana yang tertulis berikut ini ; "Allahu Akbar 3× laa ilaa ha illaullah hu Allahu Akbar, Allahu Akbar walillaah ilham" seperti itu sahabat Infokyai. Nanti, bila waktu Idul Adha tiba, sahabat Infokyai praktikkan yaa Bila akan melaksanakan sholat Idul Adl-ha mula-mula kita melafaz kan niat terlebih dahulu.

Sholat idul Adl-ha dikerjakan 2 raka'at sebagai mana sholat idul Fithri.  Niat ini sunnah untuk dilafalkan untuk membimbing hati membaca niat. Untuk mengingatnya kembali kita tuliskan lafaz niatnya sebagai berikut ;

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Jika Anda mengalami kesulitan untuk membaca bahasa Arab diatas, kami telah menuliskan dalam bahasa indonesianya yang telah tertulis sebagai berikut ;
"USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA"
Yang artinya; Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Bila Anda ingin menjadi imam masjid, Anda cukup mengganti lafaz "مأ موما" / makmumam dengan lafaz "أمامن" / imamam. Siapa tahu kan Anda mampu jadi imam dimasjid. Amin.

Setelah itu membaca takbiratul ihram kemudian membaca do'a iftirah dilanjutkan membaca takbir 7 kali pada setiap takbir di sunnahkan membaca TASBIH yang tertulis sebagai berikut :
سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي 
Jika Anda mengalami kesulitan untuk membaca bahasa Arab diatas, kami telah menuliskan dalam bahasa indonesianya yang telah tertulis sebagai berikut ; 

"SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH WA LAA ILAHA ILLALLAH WALLAHU AKBAR. ALLAHUMMAGHFIRLII WAR HAMNII"
Yang artinya ; Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah.Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku.
Setelah 7 kali dilanjutkan membaca surah Al-fatihah dan disambung membaca surah yang di sukai atau yang lebih bagusnya surah Al-A'la (Sabihisma Rabbika a'ala) Selanjutnya melakukan gerakan sholat seperti biasanya dan sesudah berdiri untuk raka'at ke-2 membaca takbir 5 kali dan pada setiap takbir nya membaca TASBIH yang mana dilakukan pada raka'at pertama. Kemudian membaca surah Al-Fatihah dan diteruskan membaca surah yang di kehendaki atau yang lebih bagusnya membaca surah Al-Ghasyiah. Setelah itu takbir lalu rukuk dan selanjutnya gerakan sholat seperti biasanya sampai salam. 

Apabila sholat telah usai, Khutbhah dilakukan sebanyak 2 kali. Pada khutbhah pertama membaca takbir 9 kali dan khutbhah yang kedua yaitu 7 kali dan dalam mengucapkannya secara berturut-turut. Pada materi khutbhah dalam hari raya idul Adl-ha sebaiknya menerangkan tentang "IBADAH HAJI dan KURBAN". Setelah Khutbhah selesai maka selesailah sholat idul Adl-ha. Dan di akhiri dengan berjabatan tangan, kaum laki-laki dengan laki-laki dan kaum hawa dengan kaum hawa. 

Demikian informasi yang dapat infokyai berikan, semoga membawa manfaat untuk kita semua. Akhir kata Assalamu'alaikum Wr.Wb (FMP/TM)

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung