Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di Gink Tech KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Sabtu, April 14

Memahami Pengertian Sholat

Sholat - Foto Ist
Memahami Pengertian Sholat
Tentang Islam, Infokyai.com - Sholat ([sαlat'] atau dalam bahasa Arabnya adalah : صلاة; transliterasi: alāt; variasi ejaan: shalat, solat, sholat) atau bisa diambil kesimpulannya adalah pengertianya merujuk kepada suatu ritual ibadah untuk pemeluk agama Islam.

Dalam tata cara pelaksanaan sholat, kita harus merujuk atau mengikuti pedoman yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, seluruh umat muslim tanpa kecuali (jika ia kafir tidak diperbolehkan) diperintahkan untuk mendirikan shollat karena menurut Surah Al-'Ankabut dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ
 "...dirikanlah salat, sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar, dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain)."
 Al-'Ankabut 29:45

Sholat merupakan suatu ibadah yang wajib dilaksakan oleh umat muslim di seluruh dunia dan telah ditetapkan waktu-waktunya. Sholat ini juga merupakan perintah Allah swt yang telah tertulis dalam kitab suci Al-Qur'an dengan lafaz " Aqimish shalata" yang artinya adalah "Dirikanlah sholat" yang terdapat pada surah ; hud ayat 114, Al-Is'ra ayat 78, Thaha ayat 14, Al-Ankabut ayat 45 dan surah Luqman ayat 17. Dari beberapa ayat diatas kita akan membahas sedikit mengenai surah Hud ayat 114 yaitu sebagai berikut ;

 وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ طَرَفَىِ ٱلنَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ ٱلَّيْلِ ۚ إِنَّ ٱلْحَسَنَٰتِ يُذْهِبْنَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّٰكِرِينَ ﴿١١٤
﴾ Artinya ; "Dan laksanakanlah salat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah)." (Q.S.11:114)

Dari ayat di atas memberi 2 pesan kepada kita yaitu pertama kita di perintahkan untuk melaksanakan sholat dan yang kedua yaitu memberi penjelasan bahwa perbuatan-perbuatan baik itu akan menghapuskan kesalahan-kesalahan. Jadi sahabat infokyai yang mempunyai kesalahan-kesalahan untuk dapat menghapus kesalahan itu salah satu caranya adalah berbuat baik.

Yuk mari kita semua selalu berbuat kebaikan. Setelah kita membahas pengertian dan surah Hud ayat 114, selanjutnya kita akan membahas pada materi utamanya yaitu "keutamaan sholat berjama'ah di masjid". Banyak umat muslim diantara kita yang mengerti dan mengetahui betapa bersarnya keutamaan melaksanakan sholat berjama'ah di masjid, salah satunya yaitu besarnya pahala yang di dapat dibandingkan melaksanakan sholat sendiri dirumah. (FMP/TM)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...