Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Butuh Cepat di PT Syailendra KLIK DISINI

Jasa CV Bayar Seiklasnya bisa hubungi 0822 - 8079 - 8313 Fast Respon

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Kamis, Mei 17

Tips Makanan Simple Yang Sehat dalam Berbuka Puasa

Foto Ist
Tips Makanan Simple Yang Sehat dalam Berbuka Puasa 
Tentang Islam, Infokyai.com, Assalamu'alaikum Wr. Wb. pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tips makanan yang simple dan juga sehat dalam berbuka puasa, mau tau ? silahkan simak penjelasannya dibawah ini. 
Baca Juga :  Ucapan Selamat Puasa Ramadhan https://goo.gl/5c9a6q
Semangat  menunaikan ibadah puasa dan semangat dalam menjalani aktifitas dibulan puasa. :) Dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, puasa tak menghalangi kita untuk beraktifitas seperti biasanya. Setiap orang yang menjalankan ibadah puasa terkadang merasa lesu dan kurang fit dalam menjalani aktifitasnya, ini mungkin dikarenakan tidak memperhatikan makanan yang di konsumsi dalam sahurnya, 

Beberapa informasi yang telah infokyai.com himpun dari berbagai sumber, Rosulullah SAW telah mengajarkan kita semua bahwa beliau menganjurkan untuk makan buah kurma terlebih dahulu sebelum makan menu utama pada saat berbuka puasa. Diantara kita pasti bertanya-tanya kenapa sih dengan buah kurma, yap! Benar sekali karena banyak sekali manfaat dan kelebihan yang terkandung buah kurma salah satunya adalah mampu memulihkan tenaga dengan cepat.

Dilansir dari eramuslim.com, Manfaat kurma Banyak manfaat kurma yang baru terkuak di zaman ini, khususnya buat kesehatan. Dari Salman ibn ‘Aamir, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian akan berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma sebab kurma itu berkah, kalau tidak ada, maka dengan air karena air itu bersih dan suci.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Kenapa mesti kurma? Jika kita berbuka puasa, organ pencernaan kita (khususnya lambung) butuh sesuatu yang lembut biar bisa bekerja lagi dengan baik. Jadi makanannya harus yang mudah dicerna dan juga mengandung gula dan air dalam satu makanan. Tidak ada makanan yang mengandung gula dan air yang lebih baik daripada yang disebutkan oleh hadits Rasul. Nutrisi makanan yang paling cepat bisa dicerna dan sampai ke darah itu adalah zat gula, terlebih makanan yang mengandung satu atawa dua zat gula (kalau tidak glukosa, ya sukrosa).
Baca Juga :   Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Niat Berbuka Puasa Dari Berbagai Versi https://goo.gl/nxobKy

Nah, untuk hal ini kurma adalah makanan yang paling baik. Kurma mengandung zat gula yang tinggi yaitu antara 75-87% dan glukosanya sebanyak 55%, fructose (fraktosa) 45% lebih tinggi dari jumlah protein, minyak dan beberapa vitamin (seperti vitamin A, B2, B12), dan sejumlah zat penting laen kayak kalsium, phosphor, potassium, sulfur, sodium, magnesium, cobalt, seng (zinc), florin, nuhas (tembaga), salyolosa, dan sebagainya. Fraktosa bakal diubah jadi glukosa dengan cepat dan langsung diserap oleh organ pencernaan, lantas dikirim ke seluruh tubuh, khususnya ke organ-organ inti seperti otak, syaraf, sel darah merah, dan sel pembersih tulang.

Seperti yang kita ketahui, di ujung puasa kita setiap harinya, glukosa dan insulin dalam darah yang datang ke katup hati akan bergetar. Artinya proses buka puasa kita bakal meminimalisir pemakaian glukosa yang diambil dari organ hati dan sel-sel ujung (seperti otot-otot en sel syaraf) jadi sesuatu yang bisa menghilangkan setiap zat yang terkandung dalam gelokogen hati. Saat-saat seperti ini, organ-organ sangat bergantung untuk mendapatkan energi dari CO2 (karbondioksida) kimiawi dan oksida glukosa yang terbentuk dalam hati dari asam amino dan gleserol.

Jadi, melentur dan memanjangnya organ penyerap makanan jadi sangat berarti. Maksudnya, penyerapan glukosa yang cepat di dalam katup pembuluh darah vena di hati akan masuk ke dalam organ hati untuk pertama kalinya, kemudian masuk ke sel otak, organ pencernaan, otot-otot, dan seluruh jaringan tubuh yang laen. Makanya, zat gula itu makanan terbaik buat tubuh karena bisa menghentikan oksidasi karbon kimiawi, memangkas zat-zat berbahaya dalam tubuh, dan bisa meminimalisir lemahnya serta gemetarnya organ pencernaan. Cukup rumit ya?

Dr. Hissam Syamsi Basya dalam tulisannya menjelaskan berdasarkan penelitian biokimia, satu kurma yang kita makan itu mengandung air 20-24%, gula 70-75%, 2-3% protein, 8,5% serat, dab sedikit sekali kandungan lemak jenuhnya (lecithine). Lain lagi dengan kurma mengkel (atau Ruthab) yang mengandung 65-70% air, 24-58% zatgula, 1,2-2% protein, 2,5% serat, dan sedikit mengandung lemak jenuh. Dr. Ahmad Abdul Ra’ouf en Dr. Ali Ahmad Syahhat pernah melakukan penelitian kimiawi dan fisiologi terhadap kurma, hasilnya? Menakjubkan! Coba lihat:

Jika kita buka puasa dengan kurma ruthab atawa tamar, persentase kandungan zat gula kita akan naik, artinya bisa membantu mengilangkan penyakit anemia (kurang darah). Oya, ruthab itu artinya kurma yang mengkel, yang masih segar, dan juga matang di pohon. Nah, kalo tamar itu kurma matang kering yang banyak terdapat di Indonesia (misalnya yang banyak dijual di Pasar Tanah Abang, Jakarta).

Waktu lambung kosong karena tidak makan seharian, pas buka, lambung, akan lebih gampang mencerna dan menyerap makanan kecil yang mengandung gula, malah lebih cepat dan maksimal lagi.
Kandungan zat gula dalam ruthab dan tamar (tentunya dalam bentuk kimia sederhana) menjadikan proses pencernaan di lambung jadi sangat mudah, soalnya 2/3 zat gula yang ada dalam tamar dan ruthab bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dalam waktu yang singkat.


Selain itu, kita juga tidak perlu minum banyak-banyak lagi sewaktu buka jika kita makan ruthab atau tamar, karena sudah mengandung air 65-70%?! Tetapi sangat tidak dilarang untuk minum pun.

Selain buah kurma, Minumlah minuman manis alami tanpa gula contohnya Air kelapa, jus buah melon atau semangka  dan buah lainnya. Hindari juga gula pasir karena akan menyebabkan efek yoyo pada timbangan nantinya di hari Raya, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik.

Selain buah-buahan yang perlu di perhatikan adalah makanlah makanan yang mengandung Karbohidrat kompleks, ini akan lebih baik. Dan sebaiknya Anda juga harus menghindari makanan yang digoreng atau gorengan lainnya. Nasi putih dan makanan gorengan juga akan menyebabkan Anda ngantuk saat tarawih. Efek buruk lain dari Gorengan yaitu dapat mengikatkan oksigen darah sampai 20%

Pasca buka puasa, konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur minimal masuk air 1 liter. Kita telah mengulas berbagai makanan dan manfaat buah-buahan diatas, Selanjutnya kita akan mengulas informasi utama yaitu menu sehat berbuka puasa. Contoh menu sehat berbuka puasa ; Pertama yaitu Nasi merah dengan sate ayam, buah pisang, Kedua, Nasi merah dengan soto ayam, buah jeruk. Dan yang ketiga adalah Spaghetti dengan saus tuna dan salad buah. Demikianlah penjelasannya, Semoga bermanfaat untuk Anda, Dan selamat mencoba. :) Wassalamua'alaikum Wr.Wb (FMP/TM)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...