Breaking News

Puasa Ingin Tetap Sehat ? Ini dia Menu Sahurnya

Foto  Ist
Puasa Ingin Tetap Sehat ? Ini dia Menu Sahurnya 
Tentang Islam - infokyai.com - Assalamulaikum Wr. Wb.Tips bagaimana cara sahur sehat sampai berbuka puasa. Di bulan yang penuh berkah ini yaitu bulan suci Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia menjalaksanakan ibadah Sahur atau makan sebelum fajar menjadi kebiasaan khas umat Muslim pada bulan suci Ramadan. Karena merupakan satu-satunya makanan yang boleh di makan sebelum berkumandannya azan shubuh, sangat dianjurkan melakukan sahur agar puasa berjalan lancar sampai sore hari. Akan tetapi bangun di pagi hari untuk menyiapkan makanan bukanlah hal yang mudah dilakukan, ketika di waktu itu biasanya orang terlelap dalam tidurnya. 

Baca Juga :
Ibu Hamil Bolehkah Tidak Berpuasa https://goo.gl/Y8TQwT
Ucapan Selamat Puasa Ramadhan https://goo.gl/5c9a6q
Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Niat Berbuka Puasa Dari Berbagai Versi https://goo.gl/nxobKy

Sebaiknya yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan makanan dan minuman pada malam hari sebelum Anda tidur, dan ketika waktu sahur tiba Anda tinggal memanaskannya saja dan hal ini membuat Anda lebih mudah dan santai. Saat berhasil bangun dan makan, orang biasanya tergoda untuk makan lagi dan nambah lagi, mengingat dia tidak akan makan selama beberapa jam ke depan sampai menjelang azan magrib

Tapi guys, yang perlu Anda ketahui bahwa hal semacam itu sangat tidak perlu. Yang penting adalah makanan yang seimbang untuk energi yang cukup selama menjalankan ibadah puasa.

Berikut ini beberapa tips sehat sederhana bersahur dari ahli gizi Maryam Yusof, Dari makanan pokok, sahur harus  kompleks, kaya karbohidrat dan serat. Cobalah makanan yang kaya serat seperti roti gandum, sereal tinggi serat, nasi, oat, buah-buahan dan sayuran. Ini akan membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu lebih lama dan membantu mempertahankan kadar glukosa dalam darah tetap stabil.

Dianjurkan juga untuk makan makanan berprotein tinggi seperti ikan, daging, susu, telur atau yogurt selama sahur. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lama saat Anda cepat.

Hal yang tidak mungkin Anda tinggalkan saat sahur adalah minum air, karena air adalah sumber kehidupan danb salah satu kebutuhan pokok yang sangat diperlukan untuk kelangsungan mahluk hidup dimuka bumi. Tidak ada yang menyangkal bahwa kita harus meminum air sebanyak mungkin saat sahur. Di anjurkan minum 2 gelas ukuran sedang saat sahur. Selain itu, Anda juga harus minum sebanyak mungkin setelah buka puasa sekurang-kurangnya 2 gelas dan sebelum tidur 2-3 gelas sehingga tubuh Anda mampu menghindari dehidrasi pada hari berikutnya.

Dianjurkan makan buah Kurma

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Sebaik-baik makanan sahur bagi seorang mukmin adalah kurma. (HR. Ibnu Hibban)." Memang, kurma merupakan sumber energi yang baik untuk puasa karena terdiri dari sumber yang baik, dari gula, serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Cobalah untuk mengkonsumsi setidaknya satu atau dua kurma ketika sahur.
Hindari Godaan Makanan yang beranekaragam yang tersaji di meja makan.


Meskipun Anda tergoda untuk makan semua jenis makanan disaat sahur, ada beberapa makanan yang mungkin tidak bermanfaat bagi Anda selama puasa. Misalnya, pedas dan berlemak harus dihindari karena hanya akan membuat Ands haus dan sakit perut yang tidak menyenangkan bagi Anda.

Jika Anda salah satu pecandu kopi yang sangat sulit untuk meninggalkan kebiasaan ini, sebaiknya selama bulan puasa hindari minuman berkafein sebanyak mungkin. Karena kafein memicu tubuh kehilangan air. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa berhenti mengasup kafein secara tiba-tiba, dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala dan perubahan suasana hati, cobalah secara bertahap untuk mengurangi konsumsi kopi sedikit demi sedikit sejak jauh-jauh hari.  Okey guys :)



Baca Juga :
Makan Sahur Bagi Penderita Maag https://goo.gl/GKvWgu
Tips Makanan Simple Yang Sehat dalam Berbuka Puasa https://goo.gl/nMSnTf
Cara Simple Menjaga Kesehatan Tubuh di Saat Sedang Puasa https://goo.gl/otT84d


Demikianlah tips sahur sehat yang telah kami paparkan diatas, semoga bermanfaat dan selamat mencoba guys :) . Selamat menunaikan ibadah puasa. :) (FMP/TM)
© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung