Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Sabtu, Juni 9

Keutamaan Berbuat Kebaikan Kepada Sesama Muslim


Keutamaan Berbuat Kebaikan Kepada Sesama Muslim

Infokyai.com - Lika-liku kehidupan dunia penuh rintangan yang membentang, dari hal itu pun kita harus bijak menyikapinya, karena itu termasuk sebuah ujian untuk diri kita masing-masing.
Baca Juga : Seorang Lelaki Tua dan Buta Selalu Datang ke Masjid Untuk Sholat 5 Waktu https://goo.gl/tfh2uj
Dilansir infokyai.com dari aqasmedia.com, Kehidupan dunia ini penuh dengan kemajemukan. sebagai pribadi muslim perlu menjadikan kemajemukan ini sebagai ladang untuk meraih kebahagiaan akhirat. diantaranya adalah dengan berusaha membantu dan membahagiakan saudara muslim yang lainnya.

Keutamaan orang yang memberi kebahagiaan pada orang lain dan mengangkat kesulitan dari orang lain disebutkan dalam beberapa hadits beriku

1. Hadits Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَاللَّهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ “Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya.” (HR. Muslim no. 2699). .
.

2.  Dari Ibnu ‘Umar, Nabishallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

وَمَنْ كَانَ فِى حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِى حَاجَتِهِ “Siapa yang biasa membantu hajat saudaranya, maka Allah akan senantiasa menolongnya dalam hajatnya.” (HR. Bukhari no. 6951 dan Muslim no. 2580). . .

3. Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ , وَأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ , أَوْ تَكَشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً , أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا , أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا , وَلأَنْ أَمْشِيَ مَعَ أَخِ فِي حَاجَةٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ يَعْنِي مَسْجِدَ الْمَدِينَةِ شَهْرًا “Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh.” (HR. Thabrani di dalam Al Mu’jam Al Kabir no. 13280, 12: 453. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasansebagaimana disebutkan dalam Shahih Al Jaami’ no. 176).. 
Baca Juga :  Karakteristik Pemimpin Dalam Islam Yang Patut Dicontoh https://goo.gl/7tNFY3


#dakwah #dakwahshubuh #kultum

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...