Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Loker Gink Technolgy Batas 26 April 2018 KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Tuesday, April 10

Sekolah Kejuruan Sudah Sepatutnya Menjadi Pilihan Orang Tua untuk Anandanya


Sekolah Kejuruan Sudah Sepatutnya Menjadi Pilihan Orang Tua untuk Anandanya

Infokyai.com - Masa transisi anak salah satunya bisa dilihat dari kegalauan ketika akan melanjutkan sekolah.  Terkadang anak masih bingung ingin menentukan pilihan sekolahnya ke mana, bisa jadi anak malah salah kaprah mengikuti kebanyakan teman-temannya.  Padahal anak atau pun orang tua punya minat dan niat khusus untuk masa depan sang anak.

Baca Juga :
Pohon Tumbang di Jalan Sultan Agung Dekat Bank Danamon https://goo.gl/LpNMJu
9 Gaya Pacaran Kids Jaman Now Yang Bikin Geleng Kepala https://goo.gl/Wk4bhB
Tega! Usai Digratiskan Oleh Driver, Wanita ini Justru Berikan Rating Jelek Hingga Putus Mitra, Alasannya Bikin Emosi https://goo.gl/xHr3er

Tatkala menamatkan SMP, sebagian besar jika kita tanya anak-anak akan menjawab melanjutkan ke SMA.  Padahal disamping SMA terdapat juga SMK.

SMK merupakan kependekkan dari Sekolah Menengah Kejuruan. Secara umum, SMK merupakan salah satu jenjang pendidikan menengah yang bertujuan mempersiapkan lulusannya bisa langsung bekerja. Hal ini sesuai dengan isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 3 mengenai tujuan pendidikan nasional dan penjelasan pasal 15 yang menjelaskan tentang pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja di bidang/disiplin ilmu  tertentu.

Pendidikan kejuruan merupakan bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan lulusannya memiliki bekal yang cukup guna bekerja di perusahaan serta menguasai satu bidang pekerjaan dari sekin banyak bidang pekerjaan lainnya. Karena saat masih menimba ilmu di SMK, lulusannya mendalami setiap bidang studi atau pendidikan kejuruan yang mengarah siap pakai ketika memasuki dunia kerja.

Saat ini dan di masa-masa mendatang, jumlah lapangan kerja industri terbilang minim jumlahnya, sementara jumlah pengangguran lebih banyak. Dengan adanya SMK, tentu saja akan membuka lapangan kerja dengan jumlah SDM yang berpotensi semakin banyak jumlahnya. Esensinya, belajar di SMK siswa akan lebih terarah dan menguasai kekhususan disiplin ilmu tertentu untuk tingkat dasar.

Dari sekian banyak alasan memilih sekolah menengah kejuruan, berikut ini alasan utama mengapa anak-anak perlu melanjutkan ke SMK selepas SMP. 

Setiap siswa akan diberi bekal tentang ilmu pengetahuan khusus yang disesuaikan dengan minat serta kemampuan masing-masing siswa. Siswa lebih terarah mengasah minat, bakat dan meningkatkan kemampuan/soft skillnya.

Siswa akan didorong untuk memiliki bakat berwirausaha (memiliki jiwa enterpreneurship) atau kewirausahaan. Nantinya, setiap siswa SMK terbiasa memiliki etika serta etos kerja yang tinggi. Siswa akan diajarkan agar sanggup menentukan pilihan bidang ketrampilan dan keahlian yang harus dikembangkan.

Siswa SMK senantiasa dibekali landasan (basic) berupa pelatihan kerja atau biasa disebut dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Lulusan SMK cepat memperoleh pekerjaan, karena banyak perusahaan yang menginginkan fresh graduate seperti lulusan SMK.

Siswa mendapat pelajaran adaptif maupun normatif seperti yang didapat bila sekolah di SMA.
Sekolah di SMK para siswa dibekali ketrampilan karena di berikan mata pelajaran produktif sesuai kompetensi yang dipilihnya, oleh karena itu siswa SMK bisa dikatakan setelah lulusan siap masuk di dunia kerja, selain tetap bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

Di SMK sebelum lulus para siswa diberi kesempatan Praktek Kerja Lapangan atau PKL, disini mereka akan mengasah kemampuan mereka yang didapat dari sekolah. Umumnya para siswa akan dilepas didunia kerja rata-rata 2 sampai 3 bulan.

Pada kelulusan pun siswa di SMK diharuskan membuat sebuah karya atau disebut Tugas Akhir (TA) yang nantinya dijadikan penilaian sampai sejauh mana penguasaan keahlian setelah selama 3 tahun belajar.

Selain itu dengan Ketrampilan yang telah ditumbuhkan dari SMK para siswa setelah lulus bisa membuka usaha sendiri atau berwiraswasta, sehingga secara tidak langsung SMK mengajarkan hidup mandiri, sebab SMK dituntut untuk punya keahlian dan keterampilan sendiri.

Baca Juga :
Wow! Pencuri Ternak Bonceng Sapi dengan Mobil Mewah https://goo.gl/fvFteS
Dicium Sembarang Orang, Kaki Bayi Nyaris Membusuk Kena Herpes, Kok Bisa ?  https://goo.gl/awijj9

4 Pria dan 1 Wanita Terjaring Razia di Tempat Hiburan Malam https://goo.gl/SYagVe

Dengan memilih SMK maka orangtua sudah bertindak dengan benar dan tujuan anaknya akan mudah mencari pekerjaan, dan kalau pun ingin meneneruskan ke pendidikan tinggi output SMK tetap memiliki kesempatan yang sama untuk juga bisa menjadi seorang mahasiswa di perguruan tinggi.
Saat ini SMK dengan berbagai program studi/disiplin ilmu yang ditawarkan sudah mudah dijumpai di setiap daerah yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

Penulis Aldi Adrian Erya, Pemerhati Pendidikan




Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...