Breaking News

Stunting Lamteng Tinggi, Pertanda Posyandu Tidak Berjalan Baik

Foto Ist

Stunting Lamteng Tinggi, Pertanda Posyandu Tidak Berjalan Baik

Bandar Lampung - Tingginya jumlah penderita stunting (kekurangan gizi kronis) di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Selatan, bisa jadi disebabkan karena tidak berjalannya kegiatan Posyandu di desa-desa yang ada di wilayah tersebut.

Baca Juga :
Kecamatan Pardasuka Menggelar Musrembang https://goo.gl/bo4qDT
Kajari Lubuklinggau Lantik Kasi Datun https://goo.gl/gSHZYi
Suprapto: Kami Siap Membantu Program Pembangunan Gubernur Lampung Ridho Ficardo https://goo.gl/9b3mQq

“Tingginya jumlah penderita stunting di daerah berarti pemeriksaan ibu hamil, kegiatan Posyandu tidak berjalan dengan baik,” ujar Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Lampung, Dra Yulia, ketika ditanya soal stunting yang banyak dialami oleh masyarakat di pedesaan, Senin (12/2/2018).

Yulia menambahkan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh untuk anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis, yang secara fisik diperlihatkan dengan ukuran anak yang rendah untuk usianya atau kerdil.

Penyebab dari stunting adalah kurangnya asupan gizi selama 1000 hari pertama kehidupan (dari sejak dalam kandungan ibu).

Penanggulangan stunting bisa ditopang dengan penyediaan infrastruktur dasar kesehatan baik, seperti ketersediaan air bersih yang cukup dan sanitasi yang baik.

Banyaknya balita penderita stunting di tiga kabupaten tersebut, menjadi perhatian sampai ke tingkat nasional.

Untuk itu, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI) bakal turun tangan langsung guna mengatasi masalah ini.

Kemenko PMK pada tahun ini, telah mempersiapkan program pengentasan stunting melalui peluncuran Program Padat Karya Tunai, dengan dibiayai dari dana desa yang bersumber dari pemerintah pusat.

Perlu diketahui, tingginya jumlah penderita stunting di tiga kabupaten tersebut, merupakan salah satu indikator penyebab menurunnya indeks kebahagiaan di Provinsi Lampung, yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) beberapa waktu lalu.

Kemiskinan atau faktor ekonomi warga yang lemah juga diduga merupakan salah satu penyebab banyaknya balita penderita stunting di tiga kabupaten tersebut.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), tahun 2016 yang dirilis pada 2017, jumlah penderita stunting di Kabupaten Lamteng mencapai 59.838 jiwa, dengan jumlah penduduk miskin mencapai 165.670 jiwa.

Kabupaten Lampung Timur, warga miskin sebanyak 172.610 jiwa, jumlah balita penderita stunting 40.790 jiwa, dan Kabupaten Lampung Selatan warga miskin mencapai 158.380 jiwa, penderita stunting 42.971 jiwa.

Sementara itu, Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Provinsi Lampung, Dr Asih Hendrastuti, mengatakan stunting akan memperlambat pertumbuhan berat dan tinggi badan serta menurunkan daya pikir.

Jika ini berkelanjutan maka akan berdampak pada peningkatan pengangguran  dan kemiskinan.

“Stunting/pendek merupakan gambaran gangguan gizi kronis dimana akan banyak menimbulkan masalah kesehatan di masa yang akan datang. Seperti rendahnya kecerdasan, resiko mengalami penyakit tidak menular (diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung dan stroke). Jika warga banyak yang mengalami stunting, maka akan menambah beban ekonominya,” ujar dokter energik ini.

Adapun faktor yang menyebabkan stunting yaitu, faktor lingkungan, pelayanan kesehatan, prilaku, kesehatan reproduksi, Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM), status ekonomi, dan status pendidikan.

Untuk mengatasi permasalahan balita stunting, agar tidak makin meningkat, perlu dilakukan perbaikan kualitas dan peningkatan layanan program spesifik terkait dengan layanan sektor kesehatan, seperti pemberian makanan tambahan tinggi kalori, protein dan mikronutrien untuk ibu hamil.

Baca Juga :
Pilkada Serentak: Inilah Plt Kepala Daerah Bandarlampung, Lamteng, Lamtim, dan Lampura https://goo.gl/smki2q
Empat Paslon Gubernur Lampung Resmi Ditetapkan KPU https://goo.gl/yiJsca
Diiringi Musik Tambur, Ridho-Bachtiar Hadiri Penetapan Pasangan Cagub dab Cawagub https://goo.gl/KVjeLJ

Kualitas pelayanan kesehatan maternal dan anak, promosi kesehatan terkait merokok, cuci tangan, pemberian ASI eksklusif, dan MPASI, perbaikan UKS kesehatan reproduksi, dan layanan KB.

Dari lintas sektor, diperlukan upaya pendidikan wajib belajar 12 tahun, revisi Undang-Undang Perkawinan, perbaikan lingkungan, dan pengentasan kemiskinan. (*)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Berita Lampung, Info lampung, Wisata Lampung, Loker Lampung, lowongan lampung, kuliner lampung