Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Selasa, Januari 30

Dirampok di ATM Lalu Masukkan PIN Terbalik, Alarm Security Akan Bunyi, Benarkah ?

Foto Net
Dirampok di ATM Lalu Masukkan PIN Terbalik, Alarm Security Akan Bunyi, Benarkah ? 

Infokyai.com - Beredarnya viral informasi terkait memasukan pin terbalik ATM akan membantu menolong anda, bilamana ada penjahat yang menodong anda, ketika anda berada di mesin ATM. dari hal ini pun, membuat sejumlah masyarakat bertanya - tanya, apakah itu benar atau tidaknya. 

Dari informasi yang beredar tersebut, infokyai.com pun mencari kebeneranya, dan dari berbagai sumber terpercaya yang infokyai.com dapatkan menyatakan bahwa memasukan Pin ATM Terbalik hanya HOAX. 

Putra (24) warga menyampaikan, informasi yang beredar memasukan pin atm terbalik membuat geger masyarakat, benar atau tidaknya yang belum tau pasti, sebaiknya anda mencoba agar tidak kebingungan sendirinya. 

"Ia dicoba aja, dari pada penasarankan"Kata Putra 

Lanjut Putra, Pastinya diantara kalian, ada yang penasaran banget, tapi takutkan mencobanya, karena bilamana anda mengikuti seperti informasi pin atm terbalik katanya akan ada polisi yang datang. 

"Penasaran, dan takut mencoba, karena kan katanya memasukan pin terbalik nanti ada polisi datang"Ujarnya

Putra Menjelaskan, Buat anda yang memang benar penasaran, lebih baik anda coba saja memasukan pin terbalik. jika anda tidak mencobanya maka anda akan terus penasaran. nanti ada hal yang mengejutkan setelah anda memasukan pin terbalik. akhirnya ada tulisan PIN Anda Salah 

"Coba aja biar ga penasaran, nanti hasilnya PIN Anda Salah"Jelasnya 

Mengutip dari priyadi.net, Sejak kemarin saya menerima banyak pesan seperti ini melalui IM: Jika anda sedang terancam jiwanya karena dirampok/ditodong seseorang untuk mengeluarkan uang dari atm ,maka anda bisa minta pertolongan diam2 dengan memberikan nomor pin secara terbalik ,misal no asli pin anda 1254 input 4521 di atm maka mesin akan mengeluarkan uang anda juga tanda bahaya Ke kantor polisi tanpa diketahui pencuri tsb.Fasilitas ini tersedia di seluruh atm tapi hanya sedikit orang yang tahu tolong kasih tahu kepada yang lain.

Seperti yang bisa kita tebak, ini adalah hoax.

Hoax ini mungkin berasal dari peraturan daerah negara bagian Illinois, Amerika Serikat SB 562 yang mendefinisikan sistem semacam ini, walaupun tidak mengharuskannya:

A terminal operated in this State may be designed and programmed so that when a consumer enters his or her personal identification number in reverse order, the terminal automatically sends an alarm to the local law enforcement agency having jurisdiction over the terminal location.

Sistem ini juga tertulis pada rencana peraturan daerah negara bagian Georgia SB 379 yang belum diratifikasi:

Any remote service terminal operated in this state shall be designed and programmed so that when a consumer enters his or her personal identification number in reverse order, the remote service terminal automatically sends an alarm to the local law enforcement agency having jurisdiction over the remote service terminal location. No difference between an emergency transaction and a normal transaction shall be detectable from the terminal. The operators of remote service terminals shall be permitted to charge a fee of $1.50 per month to customers who subscribe to this service.

Dan yang terakhir adalah peraturan daerah negara bagian Kansas SB 333 yang gagal untuk diberlakukan:

Any automated teller machine operated in this state shall be designed and programmed so that when a consumer enters such consumerĂ¢€™s personal identification number in reverse order, the automated teller machine automatically sends an alarm to the local law enforcement agency having jurisdiction over the automated teller machine location.

Intinya, ada undang-undang yang mendefinisikan sistem semacam ini, tetapi tidak mengharuskan atau undang-undangnya sendiri tidak atau belum berlaku. Sepanjang pengetahuan saya, belum ada ATM yang mengimplementasikan sistem seperti ini.

Yang jelas, saya sudah mencoba ini di ATM Bank Mandiri dan BCA. ATM yang saya coba hanya memprotes bahwa PIN saya salah dan yang jelas tidak ada polisi yang mendatangi saya.

Sumber:
ATM PIN Number Reversal di Urban Legends and Folklore.

Ternyata viralnya informasi terkait PIN ATM Terbalik sudah pernah beredar terlebih dahulu diluar negeri, seperti dikutip dari hoax-slayer.net, 


Subject: Reverse pin number to call police

I just found out that should you ever be forced to withdraw monies from an ATM machine, you can notify the police by entering your Pin # in reverse. The machine will still give you the monies you requested, but unkown to the robber, etc, the police will be immediately dispatched to help you. The broadcast stated that this method of calling the police is very seldom used because people don’t know it exists. It might mean the difference between life & death. Hopefully, none of you will have to use this, but I wanted to pass it along just in case you hadn’t heard of it. Please pass it along to everyone possible.

Subject: ATM USE: This is a useful TIP …

In the spite of armed robbery, here is something you may really need.

WHEN A THIEF FORCES YOU TO TAKE MONEY FROM THE ATM, DO NOT ARGUE OR RESIST, YOU MIGHT NOT KNOW WHAT HE OR SHE MIGHT DO TO YOU.

WHAT YOU SHOULD DO IS TO PUNCH YOUR PIN IN THE REVERSE, I.E IF YOUR PIN IS 1254, YOU PUNCH 4521.

THE MOMENT YOU PUNCH IN THE REVERSE, THE MONEY WILL COME OUT BUT WILL BE STUCK INTO THE MACHINE HALF WAY OUT AND IT WILL ALERT POLICE WITHOUT THE NOTICE OF THE THIEF.

EVERY ATM HAS IT, IT IS SPECIALLY MADE TO SIGNIFY DANGER AND HELP.

NOT EVERYONE IS AWARE OF THIS.

FORWARD THIS TO ALL YOUR FRIENDS AND THOSE YOU CARE FOR.


Analisis Detil:
Pesan ini mengklaim bahwa jika penjahat memaksa Anda untuk menarik uang dari ATM, memasukkan PIN Anda secara terbalik akan secara otomatis memberi tahu petugas polisi.

Teknologi yang membuat ini mungkin memang ada. Namun, sejauh ini, bank belum menerapkannya. Jadi, pada saat penulisan, jika Anda terpaksa menarik uang dari keinginan Anda, kemungkinan ATM yang Anda gunakan akan memiliki teknologi pin reverse yang terpasang hampir nol.

Kembali di tahun 1994, Joseph Zingher dari Chicago mulai mengembangkan perangkat lunak ATM yang diam-diam menelepon polisi jika sebuah PIN dimasukkan secara terbalik. Sejak itu, Zingher telah bertahun-tahun mencoba menjual ide tersebut ke bank-bank di Amerika Serikat tanpa keberhasilan. Beberapa negara bagian AS telah mengeksplorasi gagasan tersebut, namun hal itu belum dilaksanakan. Pada tahun 2004, negara bagian Illinois mengeluarkan undang-undang yang meminta agar bank memasang teknologi keamanan reverse-pin di ATM mereka. Namun, bank tidak diwajibkan secara hukum untuk melakukannya, dan tidak berminat menggunakan sistem ini. Pada tahun 2009, tagihan lain diajukan di Illinois yang akan membuat penerapan PIN keselamatan wajib bagi bank-bank di negara bagian itu. Menurut informasi yang dipublikasikan di situs Majelis Umum Illinois, RUU tersebut "Re-referended Assignments" pada bulan Maret 2009.

Zingher dan yang lainnya terus mendorong penerapan reverse pin atau sistem keamanan konsumen sejenis di ATM. Konsepnya masuk akal, dan teknologi semacam itu bisa meningkatkan keamanan ATM, mencegah kejahatan penarikan paksa dan bahkan mungkin menyelamatkan nyawa, jika sudah banyak digunakan.

Konon, banyak orang telah meragukan efektivitas sistem tersebut. Komentator menyarankan bahwa sistem akan gagal jika PIN pelanggan sama terbalik seperti ke depan, seperti nomor "4334" atau jika PIN empat digit identik seperti "8888". Namun, Zingher berpendapat bahwa pelanggan dengan PIN semacam itu akan dilindungi dengan menggunakan metode alternatif seperti "Inside-OutPIN dan Plus-1PIN". Orang lain telah mencatat, bahwa bahkan jika sebuah ATM mengirimkan alarm diam yang menunjukkan bahwa perampokan sedang berlangsung, penjahat kemungkinan akan sembuh dan benar-benar melarikan diri dari kejadian tersebut pada saat polisi tiba. Beberapa juru bicara perbankan telah mengkritik sistem yang diusulkan, menunjukkan bahwa jika dibuat wajib, penjahat dan juga pelanggan akan mengetahuinya dan oleh karena itu tidak banyak yang menghalangi penjahat. Mereka juga menyarankan agar korban panik dari perampokan ATM yang kejam mungkin mengalami masalah dengan benar memasukkan PIN secara terbalik dan dengan demikian berisiko untuk melawan penjahat dengan lebih jauh saat ATM menampilkan pesan kesalahan dan tidak ada uang yang dikeluarkan. Selanjutnya, mereka menunjukkan bahwa orang sering melakukan kesalahan saat memasukkan PIN mereka dan ini bisa menyebabkan alarm palsu yang akan membuang waktu polisi. Namun, Zingher mencemooh kekhawatiran tersebut dan berpendapat bahwa sistemnya akan meningkatkan keamanan pelanggan secara signifikan dan mengurangi kejahatan ATM.

Dalam pasar konsumen yang sadar keamanan, mungkin tidak akan terlalu lama sebelum bank memutuskan bahwa teknologi semacam itu layak secara finansial atau undang-undang memaksa mereka untuk bertindak.

Sampai saat itu, meneruskan pesan ini disarankan dengan buruk. Karena sangat tidak mungkin untuk bekerja, "saran" dalam pesan ini sebenarnya bisa berbahaya. Memaksa korban untuk menarik uang dari ATM adalah kejahatan berisiko tinggi dan kekerasan. Jika korban memasukkan pin balik ke ATM yang tidak memiliki sistem PIN keselamatan terpasang, dia akan menerima pesan kesalahan dan tidak ada uang yang akan dibagikan. Keterlambatan ini bisa memusuhi penjahat dan meningkatkan risiko balas dendam.

Selain itu, jika bank memasang sistem PIN keamanan, mereka akan memberi informasi kepada pelanggan mereka untuk menjelaskan sistem baru dan bagaimana menggunakannya. Pesan tersebut mengklaim bahwa sistem ini jarang digunakan karena "orang tidak mengetahuinya". Namun, tidak masuk akal untuk menunjukkan bahwa bank akan menggunakan biaya yang cukup besar untuk menerapkan sistem PIN keamanan dan kemudian tidak repot-repot memberi tahu pelanggan mereka tentang hal itu.

Versi asli dari pesan tersebut menyebutkan "siaran" sebagai sumber informasi. Ini mungkin merujuk pada sebuah berita WOAI San Antonio News pada bulan September 2006 tentang masalah ini. Video tersebut mengutip kasus seorang pria San Antonio yang terpaksa menarik uang dari beberapa ATM dan menjelaskan konsep teknologi reverse-pin sebagai alat untuk melawan kejahatan tersebut. Namun, ceritanya sangat jelas dinyatakan bahwa teknologi tersebut belum digunakan.

Versi terbaru dari pesan menyimpang lebih jauh dari kebenaran. Seperti versi sebelumnya, varian ini kemudian juga secara keliru mengklaim bahwa semua ATM sudah memiliki teknologi reverse PIN yang diimplementasikan. Namun, hal itu juga membuat klaim bahwa, jika korban bandit ATM benar-benar memasukkan PIN-nya secara terbalik, uangnya akan macet keluar saat mesin diam-diam memberi tahu polisi. Sepengetahuan saya, "fitur" uang yang macet ini tidak pernah menjadi bagian dari proposal PIN Keselamatan dan sangat tidak mungkin hal itu akan disertakan dalam pekerjaan apa pun. 

Mengutip dari uangindonesia.comm Usut punya usut, setelah saya cek sana-sini dari perbagai sumber yang terpercaya, ternyata tips ini hanya HOAX alias bohong semata. Cara input PIN terbalik tidak akan terjadi apa-apa kecuali hanya akses ditolak karena PIN salah. (kecuali kalau PIN Anda angka kembar seperti misalnya 111111, karena angka ini dibalik dari belakang tetap sama, maka yang terjadi adalah mesin akan bekerja seperti biasanya).

Bagaimana penjelasannya agar kita benar-benar yakin bahwa tips ini hanyalah bohong belaka? Caranya pikir saja dengan logika anda, di atas saya sudah sedikit menjelaskan. Seandainya input PIN terbalik benar bisa memberitahukan kantor polisi tanda bahaya, bagaimana nasib orang-orang yang membuat PIN nya kembar atau angka 6 digit simetris (123321, 121121, 345543, dan sebagainya)???. Tentu yang akan terjadi pada mereka adalah mesin akan tetap bisa untuk dipakai ambil uang. Seandainya benar bisa untuk “memanggil” polisi? Berarti orang pemilik PIN kembar selalu didatangi polisi sewaktu menggunakan ATM dong meskipun dia tidak sedang dirampok? Kalau hal ini terjadi, bukannya akan meminimalisir kriminalitas tapi justru makin repot !

Kalau anda tetap tidak percaya, bisa kok dicoba. Cari dan temukanlah mesin ATM terdekat, masukan kartu > pilih bahasa > dan masukanlah PIN anda secara terbalik. Saya yakin peringatan yang tertera di layar monitor hanyalah bertuliskan PIN SALAH, setelah tiga kali anda coba, saya jamin kartu ATM anda akan terblokir dan nanti cara ngaktifkannya lagi harus datang ke kantor cabang bank, pasti  malas kan hehe. 

Demikian informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang "Dirampok di ATM Lalu Masukkan PIN Terbalik, Alarm Security Akan Bunyi, Benarkah ?" semoga dapat bermanfaat. (Red/tm/ma)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...