Dapatkan Info Terbaru infokyai Setiap Harinya, Masukkan Email Anda dibawah ini

Gabung Grup What's App KLIK DISINI

Saran dan Kritik Kepada Pemerintah Bisa anda kirimkan ke kawannongkrong@gmail.com
Loading...

Selasa, Juni 5

Manfaat Jamu Untuk Kesehatan Tubuh

Foto jamukuattradisional.com
Manfaat Jamu Untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan, Infokyai.com - Siapa yang tak kenal dengan jamu?, pasti semua orang tahu dengan jamu. Jamu sudah sejak lama digunakan untuk menyebuhkan penyakit. Jika orang yang mencoba jamu tuk pertama kalinya merasa jamunya berasa pahit. Meski rasa jamu pahit tetap saja tak jarang ada orang-orang masih mencarinya jika sedang membutuhkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit.
Baca Juga : Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan https://goo.gl/TZy4SY
Jamu biasanya terbuat dari bahan yang diambil dari tumbuh-tumbuhan, akar, bunga hingga kulit kayu. Racikan alami tanpa pemanis atau penambah rasa yang dibuat secara tradisional inilah yang membuatnya baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Ada beberapa khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi jamu, contohnya adalah jamu temulawak, jamu beras kencur dan masih banyak lagi yang akan saya berikan pada artikel kali ini. Berikut beberpa macam jamu yang dapat menyehatkan tubuh kita:

1. Jamu Temulawak
Jamu ini terbuat dari bahan baku temulawak juga bahan-bahan tambahan antara lain seperti kencur, asam jawa, gula aren, daun pandan serta jintan. Pada Jamu tersebut juga memiliki beberaoa manfaat seperti membantu mencegah hepatitis, membantu produksi cairan empedu, menghilangkan gejala masuk angin, menyembuhkan sakit kepala hingga mengobati jerawat.

2. Kunyit asam
Jamu kunyit asam ini biasanya banyak digemari oleh para wanita karena jamu ini memiliki fungsi yang dinilai dapat melangsingkan tubuh. Selain itu, jamu juga dapat berfungsi untuk membantu mengatasi masalah menstruasi.

Selain itu kunyit asam juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah, menjaga metabolisme tubuh dan membantu mengobati sariawan atau panas dalam.
Baca Juga :  Bahaya Tidur Malam Bagi Kesehatan https://goo.gl/rp4C5R
Bahan-bahan untuk membuat kunyit asam ini antara lain kunyit dan asam Jawa serta bahan lainnya seperti sinom, temulawak, biji kedawung, jeruk nipis, gula jawa, gula putih dan garam. Kandungan yang dimiliki kunyit asam pun beragam seperti kurkumin, vitamin C, protein, karbohidrat serta zat besi.

3.Jamu Pahitan
Jamu pamitan ini biasanya terbuat dari sambiloto serta bahan lainnya seperti daun meniran, lempuyang, lengkuas, serai, widoro laut dan rempah-rempah lainnya yang mempunyai rasa yang sangat pahit jika sudah menjadi jamu. Cara unutk membuat jamu pahitan ini hanya lah dengan merebus semua bahan hingga air rebusan menjadi kental

Jamu pahitan ini memiliki manfaat unutk kesehatan tubuh antara lain seperti penambah nafsu makan, mengobati perut kembung, menurunkan risiko diabetes, menghilangkan bau tak sedap, menurunkan kadar kolesterol hingga obat penghilang jerawat.

4. Beras Kencur
Jamu beras kencur yang terbuat dari beras dan kencur serta dicampur dengan sejumlah bahan lainnya seperti biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulaga, asam, kunyit, gula merah, gula putih, jeruk nipis, garam serta kayu keningar.

Jamu beras kencur ini mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh untuk menghilangkan pegal-pegal dan linu, meringankan bantuan batuk, menambah nafsu makan, membuat tubuh bugar dan menyembuhkan perut kembung.

5. Jamu Kunci Sirih
Jamu kunci sirih ini terbuat dari kunci dan sirih. Biasanya, untuk menghindari rasa asam atau kecut, biasanya jamu tersebut dicampur dengan daun luntas, kunyit, jahe, kencur, kapulaga, kayu manis, asam jawa, serai, hingga buah delima.

Jamu kunci sirih memiliki sejumlah manfaat yang dapat menyehatkan tubuh antara lain untuk mengatasi keputihan, menghilangkan bau badan, memperkuat gigi, merapatkan vagina dan mengecilkan rahim di perut.
Baca Juga :  Obat Tradisional Mengobati Bisul https://goo.gl/LQ65x6
Demikianlah informasi yang dapat infokyai.com sajikan terkait tentang Manfaat Jamu Untuk Kesehatan Tubuh, semoga dapat bermanfaat, untuk para khalayak ramai. terima kasih (Red/DR/MP)

Artikel Terkait

Comments
0 Comments
Loading...